Kirim Surat ke KPK, Fadli Zon Hanya Menyampaikan Aspirasi Novanto

Gervin Nathaniel Purba - 14 September 2017 12:10 wib
Fadli Zon dan Setya Novanto. Foto: MI/M. Irfan
Fadli Zon dan Setya Novanto. Foto: MI/M. Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan dirinya tidak mengintervensi proses hukum di KPK. Menurut Fadli, surat yang ia kirim ke KPK merupakan aspirasi Ketua DPR Setya Novanto.

Karena itu, Fadli menilai, LSM Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) tidak tepat melaporkanya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Ia menduga, MAKI tidak mengetahui maksud dari surat tersebut.

"Banyak orang berkomentar tentang surat, tapi tidak pernah membaca suratnya sehingga yang diproduksi dan direproduksi adalah berita-berita hoax," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis 14 September 2017.

Klik: Junimart Sebut Surat Fadli ke KPK tak Relevan

Fadli menjelaskan, dirinya hanya meneruskan aspirasi Novanto. Isi surat tersebut adalah meminta pimpinan KPK menunda penyidikan terhadap Novanto.

"Tidak pernah saya minta menunda, tidak ada itu. Jadi dilihat dulu isinya, tidak ada minta penundaan terhadap KPK. Judul suratnya penyampaian aspirasi masyarakat," jelas Fadli.

Fadli mengaku sudah terbiasa mengurus berbagai surat aspirasi dari masyarakat untuk diteruskan ke pihak terkait. Menurut dia, hal itu bagian dari fungsi pengawasan Dewan.

Klik: Arief Poyuono Berang Fadli Zon Terkesan Melindungi Novanto

Ia tidak mempermasalahkan ternyata KPK menolak surat aspirasi dari Novanto. Dalam surat tersebut, lanjut dia, tidak ada unsur pemaksaan.

MAKI melaporkan Fadli Zon ke MKD karena surat aspirasi dari Novanto ditandatangani politikus Partai Gerindra itu.

Klik: KPK Beberkan Peran Setya Novanto dalam Kasus KTP-el


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017