DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.710.947.522 (17 AGUSTUS 2018)

Cak Imin Diminta Buktikan Dukungan dari NU Solid

Faisal Abdalla - 21 Mei 2018 01:15 wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar--MI/Taufan.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar--MI/Taufan.

Jakarta: Pilgub Jawa Timur 2018 disebut akan membawa pengaruh terhadap pencalonan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar di Pilpres 2019. Cak Imin diminta membuktikan kalangan Nahdatul Ulama (NU) solid mendukungnya. 

Dosen Departemen Politik FISIP Universitas Airlangga Surabaya, Haryadi menilai wajar jika Cak Imin berjuang mati-matian menjadi representasi politik berlatarbelakang tokoh NU dalam kontestasi pilpres 2019.

"Dia memang harus menjaga marwah politik PKB sehingga wajar jika Cak Imin terkesan ngotot mengejar target untuk menjadi cawapres Jokowi," kata Haryadi dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Minggu, 20 Mei 2018.

Meski begitu, Haryadi mengatakan sejumlah pihak masih meragukan dukungan dari warga NU terhadap Cak Imin solid. Pasalnya masih ada polarisasi di tubuh Nahdliyin sendiri. 

Haryadi kembali mengatakan, hasil akhir dari kontestasi Pilkada Jatim akan turut membawa pengaruh terhadap pencalonan Cak Imin di kontestasi Piplres 2019. Jika Cak Imin berhasil meraup dukungan maksimal dari keluarga besar NU dan PKB Jawa Timur untuk kemenangan pasangan Gus Ipul - Puti, maka boleh dikatakan Cak Imin memang betul-betul pengaruh yang kuat di kalangan keluarga besar Nahdliyin. 

"Jika dukungan keluarga besar NU kepada pencalonan Cak Imin solid, saya yakin Pak Jokowi akan mempertimbangkan dengan serius untuk menjadikan mantan Ketua Umum PB PMII tersebut menjadi cawapresnya," pungkas Haryadi.


(DEN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILPRES 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-08-2018