Presiden: ASEAN Menghadapi Persaingan Politik dan Keamanan

Achmad Zulfikar Fazli - 11 Agustus 2017 12:51 wib
Presiden Joko Widodo dalam peringatan 50 tahun ASEAN. Foto: MTVN/Achmad Zulfikar Fazli.
Presiden Joko Widodo dalam peringatan 50 tahun ASEAN. Foto: MTVN/Achmad Zulfikar Fazli.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) akan memiliki tugas berat ke depan. Ia melihat ada tantangan yang tak mudah harus dihadapi negara-negara ASEAN.

"Dari sisi politik (dan) keamanan, ASEAN akan menghadapi rivalitas negara-negara besar yang saling berebut pengaruh di kawasan Asia Tenggara maupun di level global," kata Jokowi dalam sambutannya di peringatan 50 tahun ASEAN di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Menurut dia, di tengah rivalitas kepentingan negara-negara besar itu, ASEAN harus bisa menjaga kesatuan dan sentralitasnya. Pasalnya, kata dia, hanya dengan bersatu ASEAN bisa menjaga sentralitas dan mewujudkan cita-cita bersama.

"Hanya dengan bersatu ASEAN akan bisa menentukan masa depannya sendiri tanpa harus didikte oleh kepentingan negara-negara besar," tegas dia.

Sementara itu, pada bidang ekonomi, Jokowi meminta ASEAN semakin relevan dan bermanfaat dalam menjawab berbagai tantangan di tengah melemahnya laju perekonomian global. Integrasi ekonomi harus mampu membawa manfaat bagi seluruh masyarakat ASEAN.

Manfaat bukan hanya bagi pengusaha besar, tetapi juga pada usaha kecil dan menengah (UKM), petani, nelayan dan sektor informal. Serta, manfaat bagi perempuan dan anak-anak muda.

"Jika hasil pembangunan ASEAN tidak dapat dirasakan manfaatnya bagi rakyat ASEAN, mereka akan bertanya, 'apa manfaat ASEAN buat kami'," kata dia.

Kepala Negara mengatakan, insiden Britain Exit (Brexit) juga perlu menjadi pembelajaran buat negara-negara ASEAN. Ia menyebut, negara-negara ASEAN kini harus bisa bekerja keras agar rakyat di kawasannya merasakan manfaat dan keberadaan ASEAN.

"Untuk itu menjadi tugas kita bersama para penerus ASEAN untuk tetap menjaga agar ASEAN bermanfaat bagi rakyat ASEAN," pungkas dia.




(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ASEAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 22-10-2017