DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.710.947.522 (17 AGUSTUS 2018)

Menpora Sarankan PBSI Pulangkan Pelatih dari Luar Negeri

Rendy Renuki H - 28 Mei 2018 21:59 wib
Menpora Imam Nahrawi -Medcom.id/Rendy
Menpora Imam Nahrawi -Medcom.id/Rendy

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyarankan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memulangkan pelatih terbaiknya dari luar negeri. Hal itu menurutnya menjadi bagian dari evaluasi hasil Piala Thomas-Uber 2018 lalu.

Tim Thomas-Uber Indonesia gagal total memberikan hasil terbaiknya di Thailand. Tim Thomas hanya mampu menembus semifinal, sedangkan tim Uber harus gugur di perempat final.

"Kalau perlu dievaluasi pelatih, silahkan PBSI evaluasi. Banyak pelatih kita di luar negeri yang sudah membuktikan. Bisa jadi mereka kita panggil lagi untuk melatih adik-adiknya di Pelatnas," kata Menpora Imam Nahrawi saat menggelar buka puasa bersama di kediamannya di Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Senin 28 Mei 2018.

Baca juga: Tundukkan Jepang, Tiongkok Sabet Gelar Thomas Cup 2018

Pelatih Tanah Air trennya banyak bekerja di luar negeri dan terbukti sukses. Contohnya Rexy Mainaky yang menjadi kepala pelatih Timnas Thailand, Reony Mainaky di Jepang, dan Hendrawan yang menjadi pelatih di Malaysia.

Namun, Cak Imam tetap mengapresiasi kiprah tim Thomas-Uber Indonesia. Ia berharap kegagalan tersebut tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Menpora berpesan kepada PBSI dan para pebulu tangkis untuk bisa membedakan saat tampil di ajang beregu macam Thomas-Uber. Menurutnya, bermain dalam turnamen beregu lebih sulit dibandingkan dengan single event.

Baca juga: Juara Uber Cup 2018, Jepang Akhiri Penantian 37 Tahun

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Timnas kita, kepada kapten yang sudah berjuang baik Thomas maupun Uber. Namun, ini jadi tantangan terbesar kita bagaimana kita harus melakukan evaluasi dan mengubah cara kepelatihan dan strategi penempatan pemain."

"Semoga ini tidak terjadi di masa-masa yang akan datang, karena bermain tim enggak mudah, beda dengan single event. Di depan kita masih ada Indonesia Open dan Asian Games. Saya minta kepada PBSI kepada Binpres untuk betul-betul melihat secara jeli potensi-potensi pebulu tangkis kita di luar Pelatnas, dengan melakukan terobosan yang baik," ujar Imam.

Video: Jokowi Ingin Indonesia Aman untuk Asian Games
 


(RIZ)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BULU TANGKIS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA BULUTANGKIS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-08-2018