#f1

Direktur Aerodinamika McLaren Sambut Baik Pemasangan "Halo"

M. Rizky Adhestian - 12 Februari 2018 16:52 wib
Ilustrasi sistem HALO. (Foto: AFP/Miguel Schincariol)
Ilustrasi sistem HALO. (Foto: AFP/Miguel Schincariol)

Jakarta: Setelah setahun lebih menjalani tes, sistem perlindungan "Halo" untuk kokpit akan resmi digunakan pada Formula 1 pada musim 2018. Direktur Aerodinamika McLaren, Peter Prodromou menyambut baik pemasangan alat tersebut.

Prodromou telah mengonfirmasi bahwa McLaren MCL33 telah lulus dalam seluruh tes keamanan FIA pada kesempatan pertamanya. McLaren juga telah menjalani tes untuk penggunaan sistem pelindung Halo pada kokpit yang menjadi kewajiban untuk mobil F1 musim ini dengan alasan keamanan.

Dengan tantangan mengintegrasikan sistem Halo yang membuat para teknisi McLaren antusias, Prodromou memprediksi macam-macam model fairing yang dimodifikasi timnya akan berdampak baik untuk kecepatan mobil. 

Baca: Anggaran F1 Keterlaluan, Liberty dan FIA Diminta Bertindak


Prodromou mengatakan pemasangan sistem Halo juga akan memberikan suatu keuntungan jangka pendek untuk peningkatan performa mobil pada awal musim 2018. Ia percaya setiap tim F1 bisa memanfaatkan alat tersebut untuk peningkatan segi aerodinamis seperti efek downforce.

"Saya rasa ada tantangan untuk mengatasinya (Halo) pada pertama kali diwajibkan, sebut saja pengurangan resiko kerusakan. Maka dari itu, saya berfikir tentang kesempatan untuk memanfaatkannya. Ini membuka jalan untuk sesuatu yang bisa menarik untuk dilihat," kata Prodromou seperti dikutip Crash, Senin 12 Februari 2018.

Baca: Tim Putra Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2018


"Saya yakin akan ada berbagai solusi (modifikasi) yang berbeda namun ruang lingkupnya terbatas dari bentuk dasarnya, tapi tetap ada peluang di sana," sambungnya.

"Semua orang akan dihadapkan dengan bagaimana dampaknya kepada aliran ke mesin dan aliran ke beberapa pendingin, termasuk kami, begitu pula aliran ke sayap belakang. Di sisi lain mungkin ada peluang untuk memanfaatkan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan sebelumnya," tambahnya.

Bagaimanapun, Prodromou telah mengurangi fungsi utama sistem Halo dari segi performa aerodinamika bila ia menginginkan semua tim F1 untuk saling mengejar di pertengahan musim 2018. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Selama Test Event Akses Masuk SUGBK Hanya Melalui Pintu 10


(ASM)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG F1
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA F1
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 22-02-2018