Mengenal Michael van der Mark, Pembalap yang Gantikan Rossi di Aragon

Achmad Firdaus - 11 September 2017 22:13 wib
Michael van der Mark (Foto: http://crackingmechanics.com)
Michael van der Mark (Foto: http://crackingmechanics.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Movistar Yamaha akhirnya merilis nama pembalap yang akan menggantikan peran Valentino Rossi di MotoGP Aragon, Spanyol, 24 September 2017. Yamaha menunjuk pembalap Superbike, Michael van der Mark sebagai pendamping sementara Maverick Vinales.

Sejatinya, Yamaha memiiki empat kandidat untuk menggantikan Rossi yang belum bisa tampil lantaran harus menjalani pemulihan cedera patah kaki. Selain Van der Mark, Yamaha juga mempertimbangkan rekan setim Van der Sar di tim Yamaha di Superbike Alex Lowes, serta dua pembalap penguji Yamaha, Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane.

Namun, pada akhirnya Yamaha memberikan kesempatan langka ini pada Van der Mark yang belum pernah sekalipun mencicipi ganasnya motor YZR-M1 di pentas MotoGP.

Lantas, apa dasar Yamaha menunjuk pembalap 24 tahun asal Belanda itu sebagai pengganti Rossi? Menurut Direktur tim Yamaha Lin Jarvis, Van der Mark dipilih karena sebelumnya Alex Lowes dan Katsuyuki Nakasuga sudah pernah mendapat kesempatan tampil di MotoGP.
 

Baca: Ini Pembalap yang akan Menggantikan Valentino Rossi


Nakasuga sempat dipercaya menggantikan Jorge Lorenzo pada 2011. Sedangkan Lowes menjadi pengganti Bradley Smith di tim Monster Yamaha Tech 3 pada tahun lalu.

Selain memberikan kesempatan melakoni debut di MotoGP, Van der Mark juga dianggap memiliki kualitas yang cukup mumpuni untuk bisa bersaing di MotoGP.

Van der Mark memulai karier balap motornya di usia 16 tahun. Potensinya mulai terlihat ketika ia tampil sebagai juara di ajang European Superstock 600 pada 2012, lalu menorehkan dua gelar juara di ajang ketahanan motor Suzuka 8 Hour (2013 dan 2014).
 

Baca juga: Dipercaya Gantikan Rossi, Ini Komentar Van der Mark


Puncak karier Van der Mark terjadi pada 2014 di mana ia sukses tampil sebagai juara dunia di ajang Supersport di mana ia sukses 10 kali naik podium dari total 11 balapan. Enam di antaranya bahkan tampil sebagai pemenang.

Berkat sukses tersebut, Van der Mark dipromosikan ke ajang Superbike bersama timnya kala itu, Honda. Penampilannya di Superbike juga cukup apik di mana Van der Mark mampu sembilan kali naik podium dalam kurun waktu dua musim.

Melihat rekam jejak Van der Mark, Yamaha kemudian kepincut dan merekrutnya untuk musim 2017. Sejauh ini, Van der Mark memang belum mampu memberikan kemenangan atau podium untuk Yamaha di ajang Superbike. Namun demikian, ia cukup konsisten mencetak poin dalam sembilan seri balapan yang diikuti. Saat ini, Van der Mark berada di posisi tujuh klasemen sementara pembalap Superbike dengan raihan 135 poin.

Video: ?Yamaha Cari Pengganti Rossi
 


(ACF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG VALENTINO ROSSI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTO GP
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017