Wali Kota Surabaya Resmikan Lapangan Atletik Standar Internasional

Amaluddin - 12 Oktober 2017 20:14 wib
Wali Kota Surabaya Tri Sumartini mersemikan Lapangan THOR di kawasan Dharmawangsa-MTVN/Amaluddin
Wali Kota Surabaya Tri Sumartini mersemikan Lapangan THOR di kawasan Dharmawangsa-MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan lintasan atletik berstandar internasional di Lapangan Tot Heil Onzer Ribbenkast (THOR), kawasan di Jalan Dharmawangsa, Surabaya, Jawa Timur, Kamis 12 Oktober 2017. 

Jumlah fasilitas olahraga berstandar internasional di Kota Pahlawan pun terus bertambah. Lapangan atletik berstandar internasional ini diakui International Association of Athletics Federation (IAAF), federasi atletik internasional. 

Beberapa bulan lalu, Wali Kota Tri Rismaharini juga meresmikan lapangan hockey dan lapangan softball berstandar internasional di kawasan yang sama.

Baca juga: Alasan Daud Yordan Turun ke Kelas Bulu Super

"Dulu banyak atlet-atlet atletik Surabaya yang punya pestasi internasional lahir dari lapangan tersebut. Salah satunya Henny Maspaitella (pelari 100 meter). Ini lapangan kenangan saya. Saya dulu tiap pagi latihan lari di sini. Salah satunya dengan Henny Maspaitella," kata Risma, sapaan akrabnya, dalam sambutannya.

Ke depan, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap bisa melahirkan atlet nasional dari Surabaya. Menurutnya selama ini, peminat atletik di Surabaya belum sebanyak beberapa cabang olahraga lain seperti sepak bola dan basket. 

"Atletik ini peminatnya sedikit. Nah, dengan adanya lapangan bagus ini anak-anak Surabaya tertarik dan bisa berpreestasi. Semakin anak-anak punya banyak aktivitas, mereka akan terhindar dari kenakalan remaja dan narkoba," kata Risma.

Risma menegaskan bahwa Pemkot Surabaya tidak akan berhenti untuk terus menyiapkan fasilitas olahraga dengan standar internasional bagi warganya. Setelah sepak bola, hockey, softball, dan atletik, selanjutnya Risma berencana membangun lapangan berstandar internasional bagi beberapa cabang olahraga lainnya. 

Baca juga: Analisis Susy Susanti Usai Indonesia Disingkirkan Tiongkok

"Saya ingin memberikan atlet panahan yang standar internasional, juga aquatic dan lapangan tembak," kata Risma.

Lapangan THOR menempati lahan seluas 1.483,56 meter persegi. Lapangan atletik ini memiliki tribun untuk penonton berkapasitas 1.118 orang. Dilengkapi peralatan olaraga atletik seperti lempar lembing, tolak peluru, lempar cakram, dan lompat galah berstandar internasional. 

Dalam peresmian tersebut, ratusan atlet profesional ikut melakukan eksebisi untuk nomor lari 100 meter, 200 meter juga lempar lembing, lempar cakram dan tolak peluru. Suasana semakin meriah dengan kehadiran kurang lebih 500 siswa yang hadir di tribun untuk menyemangati para atlet.

Video: Menpora Tegaskan Satlak Prima Tetap Berjalan
 


(RIZ)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ATLETIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPORTSLAINNYA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017