DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.672.749.522 (17 AGUSTUS 2018)

Menpora Optimistis Paralayang Ikut Asian Games 2018

Alfa Mandalika - 12 April 2016 09:47 wib
Menpora Imam Nahrawi (Kanan) bersama Sekjen Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pusat, Marsma TNI Nazirsyah. (Foto: Lassak Imaji/ Tagor Siagian)
Menpora Imam Nahrawi (Kanan) bersama Sekjen Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pusat, Marsma TNI Nazirsyah. (Foto: Lassak Imaji/ Tagor Siagian)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi optimistis cabang olahraga (cabor) dirgantara Paralayang akan diikutsertakan pada Pesta Olahraga Negara Asia (Asian Games) XVIII 2018 di Indonesia. Hal tersebut dinyatakan saat menerima Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pusat, Marsma TNI Nazirsyah, M.Sc dan beberapa anggota pengurus di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin 11 April di Jakarta.

Sebagai tuan rumah, Indonesia berhak mengajukan cabor tambahan di luar 34 cabang Olimpiade untuk diikutsertakan pada Asian Games (AG) 2018. Cabang-cabang tersebut adalah Paralayang, Jet Ski, Sepatu Roda dan Bridge. Namun, hanya satu cabang yang akan diterima OCA (Dewan Olimpiade Asia) sebagai penanggungjawab penyelenggaraan AG. Keputusan cabang tambahan mana yang akan lolos, akan ditentukan pada pertemuan keempat OCA untuk koordinasi AG 2018 pada 10 Mei di Jakarta. Beberapa kalangan penggiat kepengurusan olahraga di Tanah Air, justru berharap Paralayang dan juga Jet Ski bisa ikut AG, karena kedua cabang tersebut berpotensi meraih medali emas.

Selain sebagai cabor alam yang mendukung pelestarian lingkungan karena tidak menggunakan mesin, Paralayang juga sangat sesuai dengan imbauan Menpora yang sadar akan pentingnya mendorong wisata olaharaga di Tanah Air. Karenanya, Menpora tidak pernah bosan mengajak kalangan BUMN untuk peduli dan ikut mengembangkan potensi menjanjikan ini.

“Sudah saatnya kita sadar akan potensi besar wisata olahraga di Tanah Air kita, khususnya wisata olahraga udara (Aerosport Tourism). Dunia sudah tahu Indonesia adalah surga untuk olahraga air; selancar, selam dan berlayar. Namun, potensi wisata olahraga udara Gantolle (Layang Gantung) dan Paralayang juga sangat dahsyat,” ujar Menpora Imam Nahrawi dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (12/4/2016).

Prestasi dunia yang dicatat para atlet nasional Paralayang sejak Asian Beach Games I di Bali 2008 hingga Kejuaraan Dunia 2015, juga menjamin Paralayang tidak hanya menjadi pemanis pada AG 2018. “Saya yakin pihak terkait penyelenggara Asian Games 2018, KOI dan Satlak Prima, tidak akan menutup mata akan prestasi Paralayang selama ini,”sambungnya.

 


(ASM)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ASIAN GAMES 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPORTSLAINNYA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 17-08-2018