Melepas Kontingen ke Malaysia, Menpora Minta Pakar Doping Dikumpulkan

Pythag Kurniati - 12 September 2017 17:06 wib
Menpora Imam Nahrawi saat melepas atlet Indonesia menuju ajang ASEAN Para Games 2017-MTVN/Phytag
Menpora Imam Nahrawi saat melepas atlet Indonesia menuju ajang ASEAN Para Games 2017-MTVN/Phytag

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta petugas kontingen Indonesia menuju ASEAN Para Games 2017 mengumpulkan dokter dan pakar doping. Pernyataan itu disampaikan Menpora saat melepas kontingen Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa 12 September 2017.

“Saya minta dengan cepat kumpulkan dokter dan pakar doping,” ungkap Menpora Imam Nahrawi, karena terkait aturan penggunaan doping pada atlet.

Menpora tidak ingin atlet-atlet Indonesia mengonsumsi obat-obatan yang memiliki kriteria unsur-unsur doping di dalamnya. Apalagi jika hal tersebut dilakukan karena ketidaktahuan atlet maupun tim.

Baca juga: Jelang Brunei Darussalam vs Indonesia, Indra Sjafri: Wajib Menang!

“Karena masing-masing cabang olahraga itu memiliki kriteria doping yang berbeda-beda. Bisa jadi obat flu pun ada kriteria unsur-unsur doping di dalamnya,” jelas Menpora.

Tim dokter nantinya diminta menganalisis obat-obatan apa saja yang mengandung unsur doping dan tidak boleh dikonsumsi para atlet. Sehingga saat dilakukan tes antidoping, atlet Indonesia tidak tersandung kasus.

Baca juga: Nomor Andalan Emas Terancam Dicoret, Panjat Tebing Minta Wapres Turun Tangan

“Berkaca dari pelajaran atlet lain, ada beberapa atlet yang mendapatkan medali emas namun harus digugurkan karena mengonsumsi doping. Jadi ini penting sekali diperhatikan,” ujar Imam.

Menpora memberangkatkan 196 atlet Indonesia menuju ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, yang akan berlangsung dari 17 September 2017-23 September 2017 mendatang. Mereka akan bertanding dalam 11 cabang olahraga.

Video: Yamaha Cari Pengganti Rossi
 


(RIZ)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG OLAHRAGA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPORTSLAINNYA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017