Jelang Upacara Penutupan, Posisi Indonesia Makin Merosot

Kautsar Halim - 21 Agustus 2016 14:37 wib
Suporter Indonesia di Olimpiade Rio 2016. (AFP PHOTO / Jim WATSON)
Suporter Indonesia di Olimpiade Rio 2016. (AFP PHOTO / Jim WATSON)

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Indonesia gagal mempertahankan posisi 30 besar di papan klasemen sementara peraih medali Olimpiade 2016. Itu terjadi karena negara lain masih mampu menambah koleksi medali pada pengujung event, Minggu 21 Agustus.

Upacara penutupan Olimpiade Rio 2016 akan digelar pada Senin 22 Agustus pagi WIB. Hingga kini, sejumlah cabang olahraga (cabor) yang masih bergulir adalah bola basket putra, tinju, sepeda gunung, bola tangan, senam ritmik, bola voli putra dan gulat.

Indonesia sempat mengisi urutan ke-39 ketika Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil merebut medali emas dari cabor bulu tangkis nomor ganda campuran. Namun, kondisi itu tidak bertahan lama karena Turki dan Armenia merebut medali emas dari cabor gulat. Alhasil, Indonesia harus terima turun ke posisi 45 karena hanya mengoleksi satu emas dan dua perak.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia masih berada di atas Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina dan Malaysia. Kontingen Merah Putih hanya kalah dari Thailand karena mereka berhasil menduduki urutan ke-32 dengan raihan dua emas, dua perak dan dua perunggu.

Sementara itu, Amerika Serikat semakin kokoh di urutan pertama dengan raihan 43 emas, 37 perak dan 36 perunggu. Torehan tersebut berselisih jauh dengan Britania Raya yang mengisi urutan kedua dengan 27 emas, 22 perak, dan 17 perunggu.

Persaingan sengit hanya terlihat dalam perebutan posisi dua. Itu terjadi karena Tiongkok berhasil membuntuti Britania Raya di urutan ketiga dengan kumpulan 26 emas, 18 perak, dan 26 perunggu. Total, Tiongkok sudah mengumpulkan 70 medali.

Berikut klasemen sementara perolehan medali Olimpiade, Minggu (21/8/2016):



 


(KAU)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG OLIMPIADE 2016
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPORTSLAINNYA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-09-2017