DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.672.749.522 (17 AGUSTUS 2018)

Bekuk Serbia, Tim Basket Putra AS Sabet Medali Emas

Achmad Firdaus - 22 Agustus 2016 06:05 wib
Para penggawa Tim basket putra AS saat mengalahkan Serbia di final Olimpiade 2016 (Foto: Jesse D. Garrabrant / NBAE / Getty Images / AFP)
Para penggawa Tim basket putra AS saat mengalahkan Serbia di final Olimpiade 2016 (Foto: Jesse D. Garrabrant / NBAE / Getty Images / AFP)

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Sesuai prediksi, tim bola basket putra Amerika Serikat sukses menyabet medali emas Olimpiade Rio 2016. Prestasi tersebut dicatatkan Kevin Durant dan kawan-kawan usai menaklukkan Serbia di final.

Tim basket putra AS yang didominasi bintang-bintang NBA, terbukti masih terlalu tangguh untuk lawan-lawannya. Para pemain Serbia pun tidak bisa berbuat banyak untuk mengimbangi permainan AS pada hari terakhir penyelenggaraan Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, Minggu 21 Agustus malam waktu setempat atau Senin 22 Agustus dini hari WIB.

Alhasil, Serbia yang sempat unggul 14-12 di kuarter pertama, akhirnya harus bertekuk lutut dengan skor yang cukup telak 96-66. Hasil ini membawa tim basket putra AS mencatatkan hattrick emas, setelah sebelumnya juga sukses menjadi juara di Olimpiade 2008 dan 2012.

Kevin Durant jadi penampil terbaik di kubu AS dengan torehan lima poin 30 poin. Tak hanya Durant, DeMarcus Cousin juga tampil menonjol di pertandingan ini dengan mengoleksi 13 poin dan 15 rebound.

Sukses AS kali ini juga menjadi momen bersejarah buat Carmelo Anthony yang mencetak tujuh angka di laga tadi. Melo -sapaan akrab Carmelo Anthony- kini mencatatkan sejarah sebagai pebasket pertama yang sukses meraih medali emas dalam tiga gelaran Olimpiade secara beruntun. Sukses ini sekaligus jadi persembahan terakhir Melo yang memutuskan mundur dari Tim basket AS usai Olimpiade 2016.

Tak hanya Melo, pemain Cleveland Cavaliers, Kyrie Irving juga ikut mencatatkan sejarah di mana ia jadi pemain keempat yang sukses mengawinkan gelar juara NBA dan medali emas Olimpiade. Kyrie Irving menyamai rekor Michael Jordan, Scottie Pippen, dan rekan setimnya, LeBron James.

Tambahan satu medali emas dari cabang bola basket putra membuat AS mempertegas supremasi mereka sebagai juara umum Olimpiade Rio 2016. AS total mengoleksi 121 medali, dengan rincian 46 emas, 37 perak, dan 38 perunggu.

Jumlah ini jauh mengungguli Inggris Raya yang berada di posisi dua dengan 27 emas, diikuti Tiongkok di posisi tiga dengan koleksi 26 emas. Rusia yang harus kehilangan mayoritas atlet andalannya karena kasus doping, tetap mampu mencatatkan prestasi dimana mereka duduk di posisi empat dengan raihan 18 emas, atau mengungguli Jerman di posisi lima dengan 10 medali emas.


(ACF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG OLIMPIADE 2016
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPORTSLAINNYA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 17-08-2018