Pentingnya Defensive Driving dan Bela Diri buat Perempuan

- 20 Agustus 2016 18:30 wib
Defensive driving dan beladiri, penting untuk kaum perempuan. MTVN/Ahmad Garuda
Defensive driving dan beladiri, penting untuk kaum perempuan. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, BSD City: Kaum perempuan sering jadi korban saat berkendara sendirian. Bukan hanya cedera ringan, melainkan tak jarang menelan korban jiwa. Agar kejadian seperti itu tak berulang setiap saat, banyak pihak yang mulai memberikan bekal ilmu aman dalam berkendara dan juga perlindungan diri seperti cara-cara membela diri dalam situasi genting bagi perempuan.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan produsen ban GT Radial, yaitu PT Gajah Tunggal, Tbk. Mereka melibatkan komunitas pengendara mobil, terutama kaum perempuan untuk belajar berkendara secara aman atau defensive driving sekaligus cara-cara aman untuk melindungi diri.

"Kami sengaja melibatkan kaum perempuan dalam sesi berkendara aman dan perlindugan diri ini, agar kaum perempuan bisa membela diri dan mencegah terjadinya kejahatan. Terlebih pada situasi yang cukup genting. Mengingat akhir-akhir ini kejahatan pada perempuan, terutama yang sering berkendara sendirian, sudah cukup banyak terjadi," papar GM Marketing & Retail Business PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City pada Sabtu (20/8/2016).

Di momentum pelatihan ini, beberapa komunitas roda empat yang mereka undang, diajari sesi teori dan praktek. Sesi teori dibawakan langsung oleh KAPAP yang merupakan seni bela diri ala pasukan khusus Israel. Kemudian di sesi prakteknya, para peserta perempuan dibekali dengan persiapan dan cara bersikap saat terjadi peristiwa kejahatan.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan atau membela diri dalam kondisi yang genting. Misalnya seperti mulai mengelilingi mobil, melihat kondisi ban dan memperhatikan kondisi sekitar. Jika mau masuk ke mobil juga, jangan langsung duduk dan pasang seatbelt. Lebih baik nyalakan dulu mesin mobil, lalu duduk. Pintu sebaiknya jangan langsung ditutup, agar jika ada orang yang ingin berbuat jahat dari dalam, bisa segera melarikan diri," saran South East Asia KAPAP Lead Head Instructor, David.

Metode ini menurut David adalah cara-cara sederhana untuk melindungi diri. Tapi jika memang diperlukan menggunakan ilmu beladiri, ada baiknya mempelajari hal-hal yang dianggap penting. Seperti menghindari ancaman pisau, kemudian menghindari jeratan tali, dan beberapa lagi yang lain. Ini bisa dilakukan dengan cara terlihat takut lebih dulu kemudian agresif untuk menyerang si oknum tadi.

Selain diajari cara membela diri, di sesi praktek, pengendara perempuan ini juga diajak untuk berkendara safety driving dengan melalui simulasi jalan berkelok dan bermanuver.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAFETY DRIVING
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-09-2017