DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.036.079.020 (15 AGUSTUS 2018)

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Diproduksi

M. Bagus Rachmanto - 01 Februari 2018 10:20 wib
Mobil terbang PAL-V Liberty diperkirakan siap dijual tahun depan. Carscoops
Mobil terbang PAL-V Liberty diperkirakan siap dijual tahun depan. Carscoops

Amerika Serikat: Memiliki mobil terbang kini tak lagi sebatas mimpi. Berbagai riset telah dilakukan banyak perusahaan yang berambisi mewujudkan mimpi tersbut. Salah satunya PAL-V, yang sedang bersiap memperkenalkan mobil terbang yang dinamai 'Liberty'.

Dikutip Carscoop, PAL-V produsen mobil terbang yang berbasis di Belanda itu bakal memanfaatkan ajang otomotif Geneva Motor Show 2018, untuk mengenalkan apa yang diklaim sebagai mobil terbang pertama di dunia dalam bentuk produksi.

PAL-V menyebutkan, Liberty adalah kendaraan roda tiga yang dapat diubah menjadi gyrolane/gyrocopter dalam waktu sekitar 5 sampai 10 menit. 

Meski tidak merinci tentang spesifikasi mobil terbangnya, namun PAL-V membenarkan model tersebut menggunakan dua mesin pesawat Rotax dan telah dirancang untuk memenuhi spesifikasi kendaraan dan pesawat terbang di Eropa maupun Amerika Serikat (AS).

Rencananya, setelah debut publik di Geneva Motor Show, Liberty akan melalui tahap terakhir dari proses sertifikasi yang merupakan demonstrasi kepatuhan. Perusahaan mengharapkan ini akan selesai pada 2019 dan model tersebut kemudian akan disertifikasi sepenuhnya.

PAL-V mengatakan, mobil terbang yang diciptakannya telah dikembangkan setidaknya selama sepuluh tahun, yang dimulai dengan model konsepnya pada 2008. Model ini telah menjalani tes mengemudi sebelum memulai pengujian penerbangan di 2011.

Dalam sebuah pernyataan, CEO PAL-V, Robert Dingemanse mengatakan bahwa Liberty akan menjadi pelopor di momen penting, sekaligus mencatatkan sejarah di industri otomotif dimana mobil terbang diperlukan untuk komersialisasi yang akan diwujudkan berdasarkan model produksi ini." 

Untuk harga jual entry-level Liberty Sport diperkirakan mencapai USD399 ribu atau sekitar Rp5,3 miliar, dan untuk Liberty Pioneer Edition dibanderol USD599 ribu atau sekitar Rp8 milar. Liberty Pioneer Edition akan memiliki detail eksterior eksklusif dan juga interior buatan tangan menggunakan bahan berkualitas premium.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TEKNOLOGI OTOMOTIF
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 16-08-2018