DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Spion Multivex, Aksesoris untuk Intip Area Blind Spot

M. Bagus Rachmanto - 11 April 2018 17:35 wib
Aksesoris tambahan spion multivex memperlebar jangkauan pandangan saat berkendara. GM-Volt
Aksesoris tambahan spion multivex memperlebar jangkauan pandangan saat berkendara. GM-Volt

Jakarta: Keterbatasan areal atau jarak pandang pengemudi menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya. Contohnya kendaraan yang muncul secara tiba-tiba dari samping. Padahal sebelumnya, sisi Anda kosong saat melihat ke spion. Itulah yang dinamakan blind spot

Gejala itu merupakan area yang tidak terlihat untuk semua jenis kendaraan (mobil, sepeda motor, bus dan truk). Blind spot bisa disebabkan oleh bagian mobil yang menghalangi pandangan atau bagian lain yang tidak terlihat.

Blind spot adalah area pandangan yang tidak terlihat oleh pengemudi. Penyebabnya bisa dari bentuk kendaraan, lingkungan, atau traffic,” jelas Boy kepada medcom.id, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Boy menjelaskan, blind spot ini juga meliputi area persimpangan, tikungan, perumahan, jalan berbukit, area padat bangunan, kendaraan yang parkir di bahu jalan, area berdebu, dan area sekeliling yang tidak terlihat lainnya.

Untuk mengurangi blind spot, Boy menyarankan agar posisi kaca spion kanan dan kiri diatur lebih melebar supaya jangkauan pandangan ke kedua arah tersebut semakin luas, hingga hanya sedikit bagian belakang bodi mobil yang terlihat. Sementara kaca spion tengah disesuaikan agar bisa melihat dengan baik kendaraan di belakang. 

Sebagian mobil keluaran terbaru biasanya telah dilengkapi kaca spion jenis multivex. Spion jenis ini mempunyai sisi yang melengkung pada bagian luarnya, sehingga memperkecil area blind spot dan memperluas jangkauan pandangan. 

Nah bagi pengendara yang mobilnya belum dilengkapi fitur ini tak perlu khawatir, karena spion multivex banyak tersedia di pasaran sebagai aksesoris tambahan. Multivex umumnya memiliki ukuran yang kecil dan bentuk agak cembung. 

Namun perlu diingat, agar berfungsi dengan optimal, pemasangan atau penempatan multivex tidak boleh sembarangan. Pasang multivex pada bagian atas sisi terluar spion, agar keduanya dapat terlihat sama jelasnya. Jangan pasang di bagian bawah kaca spion utama, karena malah membuat banyak objek di jalan menjadi tak terlihat.

Meski begitu ada baiknya kita selalu hati-hati dan ekstra waspada untuk kemungkinan terburuk ketika berkendara. “Jangan terlalu yakin dengan kaca spion untuk melihat kondisi sekeliling kendaraan. Sebab ada area yang tidak terpantul dari spion tersebut. Sebisa mungkin menoleh sekeliling untuk melihat kendaraan lain,” tutup Boy.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KNOWLEDGE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 24-09-2018