DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Cara Kerja Transmisi i-AMT Wuling Confero

Ainto Harry Budiawan - 01 Maret 2018 11:09 wib
Transmisi Wuling Cortez bisa otomatis dan manual. Medcom/ A. Harry Budiawan
Transmisi Wuling Cortez bisa otomatis dan manual. Medcom/ A. Harry Budiawan

Semarang: Ragam transmisi mobil saat ini, diketahui ada manual dan otomatis. Otomatis pun ada CVT, otomatis konvensional dengan beberapa tingkat percepatan. Lalu ada transmisi otomatis dan i-AMT seperti milik Wuling Cortez.

i-AMT adalah singkatan dari intellegent Automatic Manual Transmission. Artinya ini adalah transmisi manual yang diberi aktuator elektronik yang membuat transmisi bisa berpindah secara otomatis.

"Ini teknologi terkini, Anda mau santai tuas perseneling cukup D (drive). D pun ada mode Eco dan Sport. Kalau mau lebih agresif bisa geser ke M (manual) dan turunkan satu tingkat," kata Sony Susmana, Instruktur Safety dari SDCI di Semarang, 28 Februari 2018 kemarin.

Dengan transmisi lima percepatan, transmisi bisa digunakan sesuai kondisi jalan. "Misalnya saat melibas tanjakan terjal pakai manual, jalan santai pakai D otomatis," sambungnya disela test drive Wuling Cortez menuju Semarang-Solo.

Namun Anda harus mempelajari karakter transmisi ini saat baru menggunakannya. Jika posisi D Eco, pastikan Anda memang berjalan santai. Jika agresif maka transmisi akan berpindah-pindah menuruti respon injakan pedal gas dan membuat sedikit tak nyaman.

Sedang saat posisi D Sport, putaran mesin akan lebih tinggi dan perpindahan gigi seperti tertahan untuk mendapatkan respon mesin lebih cepat. Tapi meski Anda pakai mode ini lewat tanjakan terjal mobil akan ngempos.

Nah pada mode M maka Anda bisa lebih leluasa memainkan posisi transmisi, bedanya tanpa perlu menginjak peda kopling. Saat berakselerasi dan Anda memindahkan posisi transmisi lebih tinggi akan ada jeda, namun terbilang halus.

Kenali karakter transmisi i-AMT ini maka Anda akan merasakan kenyamanan berkendara mobil otomatis, dan responsifnya mobil bertransmisi manual.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WULING MOTORS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 26-09-2018