Permudah Mudik, Cermati Jalur Tol Fungsional

M. Bagus Rachmanto - 06 April 2018 07:37 wib
Tol Batang-Semarang. Jasmar
Tol Batang-Semarang. Jasmar

Jakarta: Lebaran 2018 memang masih cukup lama, tapi penting untuk memperhatikan jalur-jalur tol yang akan Anda pakai nantinya. Termasuk waktu mudik yang akan digunakan. Misalnya memanfaatkan jalur tol fungsional di beberapa titik.

Saat ini pembangunan tol Batang-Semarang belum rampung 100 persen, namun pemerintah sudah mempersiapkannya untuk jalur tol fungsional, sebagai salah satu sarana untuk mengurai kemacetan arus mudik lebaran 2018.

Menurut keterangan resmi Jasa Marga, proyek jalan Tol Batang-Semarang itu ditargetkan akan menjadi jalur fungsional pada lebaran 2018 mendatang. Disebutkan, progres pembangunan konstruksi proyek jalan tol sepanjang 75 Km itu, untuk seluruh seksi sudah mencapai 74,78 persen. Termasuk pembebasan lahan yang sudah mencapai 98,17 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengaku optimis Jalan Tol Trans Jawa tersebut dapat difungsikan sebagai arus mudik dan arus balik pada lebaran pada Juni mendatang.

“Jalur mudik fungsional di tol semarang batang tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya, karena tahun lalu Jalan Tol Batang-Semarang masih berdebu,” ungkap Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/4/2018).

Lebih lanjut Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Arie Irianto  JSB Arie Irianto menambahkan, bahwa proyek yang dikerjakan oleh pihaknya ini dapat dilakukan uji kelaikan dan dioperasikan penuh pada akhir 2018. 

Hal ini, menurut Arie, sesuai dengan target yang telah ditentukan. Jalan Tol Semarang Batang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa yang dibagi menjadi 5 seksi. 

Seksi 1 Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 km, Seksi 2 Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 km, Seksi 3 Weleri-Kendal sepanjang 11,05 km, Seksi 4 Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,50 km dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,10 km. Dengan 5 Gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Tulis, GT Weleri, GT Kendal, GT Kaliwungu dan GT Kalikangkung.

Jadi, bagi Anda yang ingin menempuh perjalanan mudik saat lebaran nanti, sebaiknya Anda mengikuti perkembangan jalur-jalur yang akan digunakan. Agar lancar dan tidak terjebak macet.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LALU LINTAS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018