Beda Jenis Sasis Mobil, Beda Karakter Pengendalian

M. Bagus Rachmanto - 14 Februari 2018 12:35 wib
Sasis mengalami ragam perkembangan bentuk di industri otomotif. Mechanicalbooster
Sasis mengalami ragam perkembangan bentuk di industri otomotif. Mechanicalbooster

medcom.id: Mungkin Anda sering mendengar istilah sasis monocouque dalam dunia otomotif. Hal itu terjadi karena banyak mobil baru mengklaim menggunakan sasis monocouque.

Dilansir dari Mechanicalbooster, sasis dapat dianalogikan sebagai kerangka tulang manusia. Di kendaraan bermotor seperti mobil, sasis terdiri dari kerangka bagian bawah mobil, roda, transmisi, sistem suspensi, dan mesin. 

Sasis monocouque adalah sebuah struktur rangka kendaraan tunggal yang menyatu dengan bodi mobil. Berbeda dengan sasis model tangga atau ladder frame, tubular space frame, backbone dan aluminium space frame, yang mempunyai kontruksi bodi dan juga rangka kendaraan yang dibuat secara terpisah.

Dikatakan, sasis monocouque bukan satu-satunya rangka yang diaplikasikan di mobil. Setidaknya ada lima sasis yang lazim digunakan pada saat ini.

 Sasis Tubular Space Frame

Sasis monocouque diklaim bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Modelnya yang ringan membuat kabin lebih aman ketika terjadi benturan. Sebab semua gaya hentak akan disalurkan secara merata ke seluruh bodi mobil. 

Sasis Ladder Frame. Dinamakan Ladder Frame karena bentuknya menyerupai tangga. Model ini merupakan yang tertua dan banyak digunakan oleh kendaraan yang mengangkut beban berat/heavy duty, seperti truk atau bus. Bobotnya yang berat berpengaruh terhadap performa mobil. Oleh karena itu, sasis jenis tak lagi digunakan di mobil penumpang kecil. 

Sasis Tubular Space Frame. Jenis sasis ini dirancang mengunakan bermacam balok atau pipa yang dirangkai menjadi satu. Bentuknya hampir menyerupai konstruski kendaraan tersebut. Sasis Tubular Space Frame banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil. Kekuatan sasis ini sangat tergantung dari mutu dan kualitas sambungan las tiap sendi.

Sasis Backbone. Sasis model Backbone memiliki desain seperti tulang punggung, struktur depan dan belakang terhubung dengan sebuah rangka tube yang melintang di sepanjang mobil. Model ini hampir seluruhnya adalah struktur kaku serta dapat menahan semua beban dan banyak digunakan oleh sport car.

Sasis Aluminium Space Frame. Jenis sasis ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan mobil Audi bersama dengan perusahaan pembuat aluminium Alcoa. Meski rangkanya lebih kaku, model ini dibuat untuk menggantikan sasis baja monocoque. Sasis ini memiliki bobot rangka yang diklaim lebih ringan 40 persen. 


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TEKNOLOGI OTOMOTIF
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018