Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP2.681.945.402 (22 JULI 2018)

Kerugian Besar yang Terjadi Jika Truk Berhenti Beroperasi

Gervin Nathaniel Purba - 10 Januari 2018 08:31 wib
KTB Mitsubishi Fuso menggelar konser roadshow ke 10 kota di Indonesia bersama Brand Ambassador Mitsubishi Fuso, Iwan Fals (Foto:MI/Eva Pardiana)
KTB Mitsubishi Fuso menggelar konser roadshow ke 10 kota di Indonesia bersama Brand Ambassador Mitsubishi Fuso, Iwan Fals (Foto:MI/Eva Pardiana)

Jakarta: Program kepedulian kepada supir truk #Fusokontribusi yang diluncurkan oleh Mitsubishi Fuso dan Brand Amabssadornya, Iwan Fals, di penghujung tahun 2017 lalu, membuka pandangan baru profesi supir truk di Indonesia. Sebagian besar orang kurang memahami pentingnya keberadaan truk bagi pertumbuhan ekonomi negara. Dengan adanya truk, maka distribusi barang menjadi lancar. Kelancaran distribusi merupakan salah satu syarat lajunya pertumbuhan ekonomi.

Agar bisnis menjadi lancar, maka kesejahteraan sopir truk sudah selayaknya juga diperhatikan. Namun tampaknya jasa mereka masih kurang dihargai selama ini. Padahal mereka juga termasuk salah satu pahlawan dalam menjaga stabilitas perputaran roda perekonomian negara.

Jika tingkat kesejahteraan para sopir truk tidak diperhatikan, maka bisa saja pada masa depan tidak ada lagi orang yang mau mengangkut logistik ke berbagai daerah. Bayangkan jika mereka berhenti beroperasi.

Dampak kerugian yang ditimbulkan sangat beragam di berbagai sektor industri. Apa saja?

1. Jika Truk Berhenti Beroperasi 24 Jam
- Pengiriman bantuan medis ke daerah yang terdampak bencana akan terhenti
- Rumah sakit akan kehabisan bahan medis
- Pabrik akan kekurangan komponen
- Suplai pangan akan berkurang
- Ketersediaan dan pengiriman bahan bakar kendaraan bermotor akan berkurang

2. Jika Truk Berhenti Beroperasi Tiga Hari
- Kekurangan pangan akan meningkat
- ATM akan kehabisan uang tunai dan bank tidak akan bisa memproses transaksi
- Sampah akan mulai menumpuk di daerah perkotaan dan pinggiran kota

3. Jika Truk Berhenti Selama Sebulan
- Perjalanan mobil akan terhenti karena kekurangan bahan bakar
- Pelayanan di rumah sakit tersendat
- Pasokan air bersih akan habis
- Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan mengalami kelangkaan bahan bakar minyak (BBM)

Kerugian yang ditimbulkan tersebut sangat merugikan negara dan mengancam kelangsungan hidup masyarakat. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi kepada sopir truk atas jasanya mengantar barang-barang kebutuhan masyarakat tanpa mengenal kondisi cuaca dan waktu.


(Foto:MI/Denny Saputra)

Menyadari pentingnya peran sopir truk, Mitsubishi Fuso ingin memberikan penghargaan spesial kepada para supir truk atas pengorbanan mereka selama ini. Penghargaan ini merupakan bagian dari program sosial #FusoKontribusi.

Progam ini juga mengajak seluruh masyarakat berperan serta dalam memberikan sumbangan sebagai bentuk penghargaan kepada sopir truk. Caranya dengan memposting foto apapun di Facebook, Instagram, dan Twitter dengan memberi hastag #FusoKontribusi. Setiap hastag akan dikonversi menjadi Rp. 10.000 dan dikumpulkan untuk menjadi beasiswa bagi anak-anak sopir truk.

Program #Fusokontribusi sebagai lanjutan dari kampanye apresiasi #Terimakasihsupirtruk. Program sosial ini dilaksanakan sebagai rangkaian acara Roadshow Mitsubishi Fuso dan Iwan Fals menggunakan Truk Panggung FE 74 Long di 10 kota, yang berlangsung mulai November 2017 hingga Februari 2018.

Ayo,tunjukkan kepedulian Anda! Dukungan dari Anda sangat berarti bagi sopir truk.


 

(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRUK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOBIL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018