DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Cheetah, Sosok Harley-Davidson Berkomponen Turbo

Ainto Harry Budiawan - 07 Mei 2018 13:57 wib
Cheetah usung turbo dan mesin sudah boreup. Rideapart
Cheetah usung turbo dan mesin sudah boreup. Rideapart

Cordoba: Board tracker, salah satu jenis genre motor yang kalah populer dibanding bobber, cafe racer, tracker, chopper atau scrambler. Tapi motor yang terinspirasi dari salah satu kompetisi balap motor di Amerika ini terlalu menarik untuk diabaikan.

Salah satunya adalah karya Lucky Custom yang bermarkas di Cordoba, Argentina. Mereka membuat motor board tracker ala mereka sendiri, dengan berbasiskan mesin Harley-Davidson berkapasitas 1.450 cc. Dan motor ini diberi nama Cheetah.

"Motor ini mencerminkan apa yang kupikirkan. setiap komponennya adalah gambaran imajinasi dan butuh banyak waktu untuk membuatnya, dan Anda akan bertanya bagaimana mengerjakannya," kata Lucas Layum, pemilik Lucky Custom.

Pemberian nama Cheetah bukan asal, karena motor ini mampu melaju cepat. Mesin V-twin yang aslinya berkapasitas 1.340 cc itu dijejali komponen pemampat udara alias turbo. Sayang tak ada data tenaga dan torsi dari mesin ini.

Pembesaran kapasitas mesin dilakukan dengan mengganti ukuran piston yang lebih besar. Kemudian mesin ini juga ditambahkan pendingin oli, mengingat suhu mesin yang akan lebih tinggi setelah dipasangi turbo.

Mengingat Cheetah berawal dari sebuah mesin saja, maka rangkanya murni karya Lucky Custom. Pipa tubular jadi bahan pembuatan rangka, yang dikawinkan dengan suspensi depan dari Honda Dream racikan 1960an.

Hal menarik lainnya dari motor ini adalah lampu utamanya, karena mencomot dari mobil Ford lawas tahun 1940an. Rancangan tangki bahan bakar pun dibuat unik karena dipisah kiri-kanan dengan desain asmetris.

Ya, tangki bagian kiri berisi bahan bakar, sedangkan tangki sisi kanan berisi pompa bensin. Paduan warna biru dan putih digunakan akan mampu memberikan kesan sebuah motor klasik.

Untuk memperkuat genre board tracker, ban depan-belakang berdiameter 23 inci terpasang dengan pelek jari-jari palang 40 berbungkus ban dari Avon. Motor pun dilengkapi rem cakram untuk menghentikan kemampuan berlarinya yang lebih kuat dan cepat.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MODIFIKASI MOTOR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MODIFIKASI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 19-10-2018