Tren Chopper di Indonesia Kian Digemari

M. Bagus Rachmanto - 24 Januari 2018 08:13 wib
Tren modifikasi sepeda motor bergaya chopper kini semakin dilirik pecinta moge Tanah Air. Metro TV
Tren modifikasi sepeda motor bergaya chopper kini semakin dilirik pecinta moge Tanah Air. Metro TV

Jakarta: Tren modifikasi/custom sepeda motor bergaya chopper kini semakin dilirik oleh para pengendara sepeda motor gede alias (moge) di tanah air. Terlebih sejak Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membeli chopper karya anak bangsa. 

Berdasarkan sejarahnya, motor bergaya chopper dengan postur bodinya yang ramping dan gagah itu berkembang di Amerika Serikat (AS) sejak akhir Perang Dunia II. 

Awalnya, chopper adalah modifikasi dari moge Haley-Davidson, dengan menghilangkan beberapa bagian komponen yang dianggap tidak terlalu penting dari segi fungsi. Kemudian di era 1990-an demam chopper meluas ke Eropa hingga ke Asia, termasuk Indonesia. 

Tak sekadar modifikasi dengan menghilangkan bagian-bagian tertentu, umumnya para pecinta chopper juga hobi merakit atau membangun sendiri motornya dari nol, atau yang dikenal dengan istilah custom chopper

Salah satu bengkel modifikasi yang menekuni dan fokus dalam dunia custom chopper adalah Elders Garage, yang bermarkas di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Bahkan sejak pertengahan 2017 hingga Januari 2018, pegiat custom chopper nasional, yakni Heeret Frastio dari Elders Garage dan Veroland dari KickAss Chopper, sudah menetaskan tiga chopperland yang akan terus bertambah seiring meningkatnya permintaan.

Chopperland sebutan untuk chopper custom, dibangun dengan kompnen hasil produk dalam negeri, yang mengadopsi mesin moge brand ternama. Chopper karya pertama mereka, yaitu Chopperland-01 berwarna emas, yang dibeli Presiden Joko Widodo belum lama ini.

Dilansir dari program Metro Siang Metro TV, 23 Januari 2018, Owner Elders Garage, Heret Frastio mengatakan, bahwa untuk menyelesaikan satu chopper dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai enam bulan.

"Yang membutuhkan proses panjang dalam pembuatan chopper adalah menentukan desainnya. Karena desain dan penggunaan frame yang sama bisa menghasilkan bentuk motor yang berbeda. Semua (model) tegantung selera konsumen, mulai dari stang, jok, sisi bar, footstep, tangki dan banyak lagi," kata Heeret.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MODIFIKASI MOTOR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MODIFIKASI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 23-02-2018