DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Olah Komponen Bekas jadi Barang Kreasi

M. Bagus Rachmanto - 12 April 2018 11:09 wib
Gantungan pakaian dari busi bekas. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Gantungan pakaian dari busi bekas. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Jangan buru-buru membuang barang bekas spare parts kendaraan yang sudah tidak terpakai. Pasalnya, dengan bermodalkan kreativitas, spare parts bekas bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Fahmi, seorang pemilik bengkel mobil.

Di tangah Fahmi, busi bekas yang sudah tidak terpakai di bengkel mobil miliknya disulap menjadi gantungan pakaian yang unik dan menarik.

Awalnya, Fahmi berencana membuat gantungan baut. Namun ketika sudah jadi, salah seorang karyawannya menggunakannya untuk mengantung pakaian.

Dari situlah muncul ide baru untuk membuat gantungan pakaian. Hasilnya patut diacungi jempol. Untuk ukuran seorang mekanik mobil, kualitas dan kerapihan pengerjaannya tidak kalah dengan pengrajin sungguhan.

"Meski begitu, saya belum tertarik dan tidak ada rencana untuk mengkomersilkan kreasinya. Mulai dari sini saya jadi lebih banyak ide dan tertarik untuk membuat kreasi dari spare parts bekas lainnya. Selain mengurangi limbah bekas spare parts mobil, ternyata bisa menghemat kocek kantong," kata Fahmi ketika berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Selain itu Anda juga bisa membuat kreasi lainnya menggunakan rantai motor bekas. Untuk memulai kerajinan ini Anda dapat membersihkan rantai terlebih dahulu dari sisa kotoran oli/pelumas, setelah itu siapkan bahan kayu yang sudah tidak terpakai untuk menempelkan rantai sebagai pengait atau gantungan helm.

Selanjutnya bentuk rantai sesuai keinginan dan kebutuhan untuk menggantung helm, jaket atau sarung tangan. Agar rantai menjadi kaku Anda bisa menggunakan kawat yang diikat atau dililitkan di setiap titik sambungan dan dibentuk sesuai selera.

Atau jika ingin lebih kuat lagi,  setiap titik sambungan yang terdapat pada rantai dapat di las, setelah terbentuk tempelkan rantai pada kayu dengan menggunakan paku. Cukup mudah bukan! selamat mencoba.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KNOWLEDGE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 17-12-2018