Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Aplikasi GPS di Ponsel Tidak Diizinkan dalam Berkendara

- 08 Maret 2018 13:10 wib
Ilustrasi--Aplikasi GPS yang terpasang pada ponsel. (Foto: AFP/Alexander Marchand)
Ilustrasi--Aplikasi GPS yang terpasang pada ponsel. (Foto: AFP/Alexander Marchand)

Jakarta: Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menegaskan penggunaan Global Positioning System (GPS) saat berkendara tidak dilarang baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Ia mengatakan yang dilarang adalah penggunaan aplikasi GPS di ponsel saat berkendara.

"Yang dilarang itu penggunaan ponsel menggunakan aplikasi GPS yang dioperasikan dengan tangan. Itu yang melanggar aturan dan akan diberikan sanksi," kata Halim, dalam Metro Pagi Primetime, Kamis 8 Maret 2018.

Halim mengatakan aplikasi GPS dari gawai dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Mengoperasikan GPS dari ponsel saat berkendara jelas melanggar Pasal 106 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Aturan tersebut, kata dia, sudah berlaku sejak lama dengan banyaknya penindakan. Hanya saja menurut Halim sosialisasi aturan tersebut kembali dimasifkan sebagai bagian dari keselamatan berkendara.

"Kita sosialisasikan lagi dari 5-25 Maret melalui Operasi Keselamatan Jaya. Memang banyak masyarakat yang terkejut padahal larangan itu sudah ada dalam undang-undang dan untuk tujuan keselamatan di jalan," kata dia.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG POLRI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-06-2018