DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Suzuki Kembangkan Jaringan untuk Mesin Tempel

Ahmad Garuda - 11 Agustus 2018 08:14 wib
Suzuki terus memperluas jangkauan pemasaran untuk mesin tempel di tanah air. medcom.id/Ahmad Garuda
Suzuki terus memperluas jangkauan pemasaran untuk mesin tempel di tanah air. medcom.id/Ahmad Garuda

BSD City: Pasar mesin outboard motor (OBM) memang tak setenar mobil atau motor yang diproduksi oleh agen pemegang merek (APM) seperti Suzuki. Tapi mesin ini tetap puya permintaan tinggi dan menyumbang penjualan terhadap pemegang merek di sebuah wilayah, termasuk Indonesia.

Pabrikan yang cukup eksis memasarkan mesin ini salah satunya adalah Suzuki Marine, pun gelontorkan strategi unik tentang mesin tempelnya itu. Peningkatan permintaan untuk segmen kapal untuk transportasi, ternyata turut mempengaruhi komitmen besar mereka untuk menyediakan mesin-mesin OBM berteknologi tinggi.

“Kami melihat Suzuki Marine memiliki potensi tinggi untuk berkontribusi terhadap perkembangan industri maritim di Indonesia, terutama di bidang pariwisata dan perikanan yang menjadi lahan subur bagi pasar outboard motor. Kami pun memegang teguh konsep geki yang menggambarkan gairah untuk berinovasi agar diterima pasar Indonesia,” papar Deputy General Manager Sales & Marketing Suzuki Marine PT Suzuki Indomobil Sales, Gunardi Prakosa melalui keterangan resminya.

Saat ini, mesin OBM ini banyak digunakan dalam kelangsungan beberapa industri, di antaranya perikanan, transportasi air, pariwisata, leisure dan pemerintahan. Tak heran jika pemilik merek berlogo S prisma ini berpartisipasi dalam asosiasi. Hal ini mereka lakukan untuk memperluas cakupan pasar OBM di Indonesia.

Respon positif masyarakat juga diperkuat dengan hadirnya Suzuki Marine DF325A terbaru pada Maret 2018 lalu dengan penyempurnaan mesin 4 tak sehingga dapat menyeimbangkan daya dan tekanan dengan sangat baik, efisiensi bahan bakar yang mengagumkan dan disertai desain stylish dan ringan.

Selain itu, guna menunjang penjualan, Suzuki mengembangkan jaringan melalui dealer dan juga kerjasama dengan berbagai bengkel mitra. Saat ini, Suzuki Marine telah memiliki 8 dealer dan 50 jaringan bengkel mitra yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Bali, Ternate, Padang, Jakarta, Cilacap, Surabaya, Sorong, dan Tarakan.

Kedepannya, mereka berupaya untuk melakukan ekspansi ke Batam dan Ambon serta memperbanyak dan memperluas jaringan bengkel mitra di seluruh wilayah Indonesia. Terutama di wilayah dengan potensi industri kelautan yang besar.

Tapi tentu ini tak mudah, mengingat Suzuki tidak akan bermain sendiri di segmen ini. Merek dari Tiongkok, salah satunya adalah Yanmar, juga cukup baik di terima masyarakat. Belum lagi merek sesama Jepang yaitu Yamaha, yang beberapa waktu lalu, juga melengkapi mesin dengan ragam kapasitas dan kelebihan. Tentu Suzuki wajib mengeksplorasi kampanye tentang mesin ramah lingkungan yang mereka miliki itu.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SUZUKI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 13-12-2018