DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.710.947.522 (17 AGUSTUS 2018)

Aprilia Pelopori Superbike Pakai Aero Fairing

Ainto Harry Budiawan - 08 Mei 2018 09:25 wib
Aprilia RSV4 RF LE cuma ada 125 unit saja. Bikepost
Aprilia RSV4 RF LE cuma ada 125 unit saja. Bikepost

Noale: Penggunaan winglet kemudian berkembang ke model aero fairing pada tunggangan MotoGP, punya fungsi untuk meningkatkan daya tekan motor, khususnya pada bagian depan agar motor lebih stabil dan ban depan tak mudah terangkat.

Penggunaan winglet yang dipelopori Ducati yang kemudian diikuti tim lain sempat menuai pro-kontra karena dianggap berbahaya. Hal inilah yang membuat Dorna menerbitkan aturan baru, sehingga muncullah aero fairing ini.

Aprilia pun menggunakan aero fairing, tak hanya pada RS-GP yang jadi tunggangan andalan mereka di MotoGP, tapi juga pada produk motor superbike mereka, yakni Aprilia RSV4 RF LE. Inilah superbike pertama pengguna aero fairing.

Motor yang dikenalkan bersamaan dengan seri MotoGP Austin, Texas beberapa waktu lalu ini dibuat terbatas hanya 125 unit saja. Motor ini sendiri berstatus street legal alias bisa digunakan untuk penggunaan di jalan umum.

Kemungkinan pabrikan asal Italia itu ingin menggunakan aero kit pada ajang balap WSBK (World Superbike), karena memang aturannya jika ingin menggunakan motor baru, setidaknya motor yang akan digunakan sudah diproduksi massal dan dijual umum.

Memang aero fairing baru akan terasa efeknya saat melaju kencang dan dipenggunaan sehari-hari tak akan berfungsi maksimal. Tapi setidaknya Aprilia sudah memulai, dan bisa jadi pabrikan lain akan mengikuti jejaknya.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG APRILIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-08-2018