Goncalves Susul Barreda, Sunderland Perkasa di Etape-5

Ahmad Garuda - 12 Januari 2019 10:04 wib
Sam Sunderland kembali tampil agresif menjuarai etape-5 Dakar Rally 2019. RedBull
Sam Sunderland kembali tampil agresif menjuarai etape-5 Dakar Rally 2019. RedBull

Peru: Harapan Honda Racing terhadap para perelinya untuk bisa tampil kompetitif tahun ini, kembali menipis. Setelah keluarnya Joan Barreda Bort di etape ketiga, Paulo Goncalves malah pensiun dini di etape kelima. Beruntung masih ada Ricky Brabec yang berada di puncak klasemen sementara.

Namun kepemimpinannya tersebut, tentu cukup mengkhawatirkan, mengingat di etape kelima yang menempuh jarak sejauh 776 km dari Moquegue ke Arequipa, Brabec finis di luar 10 besar. Sehingga apa yang Ia raih di etape sebelumnya, seperti tak berpengaruh.

Sementara pereli tim KTM yaitu Sam Sunderland yang juga sempat menolong Paulo Goncalves saat kecelakaan, sempat tak percaya. Ia mampu mengakhiri balapan sebagai pereli tercepat.

"Mengawali balapan hari ini sangat masif karena para pereli mengawali balapan secara bersamaan. Namun ketika Goncalves mengalami kecelakaan, saya sempat menemaninya. Tak tahu berapa lama saya kehilangan waktu, tapi ketika melihat banyak pereli yang mulai menyusul, saya akhirnya melanjutkan balapan," klaim Sunderland.



Bukan hanya Sunderland yang sanggup tampil apik, namun pereli tim Yamaha yaitu Xavier de Soultrait juga sanggup bangkit. Ia tampil mengagumkan di etape ini dan akhirnya finis di urutan kedua. Namun catatan buruknya di etape keempat, membuat posisinya hanya naik ke posisi 8 di klasemen sementara.

Dengan kondisi ini, dua pereli tim Honda mulai hilang dari klasemen 10 besar. Sementara KTM menempatkan 4 perelinya dan 2 dari Husqvarna. Sedangkan Yamaha masih setia menempatkan dua pereli utamanya di 8 besar. Dengan demikian, pertarungan para pereli kali ini masih terlihat berimbang, lantaran selisih di antara pereli 10 besar masih di bawah 30 menit.

Paling istimewa adalah karena untuk pertama kalinya di DR series tahun ini pereli Sherco TVS sanggup finis di posisi tiga besar. Sebelumnya mereka bisa tampil bagus di beberapa seri DR, namun tahun lalu kehilangan kesempatan karena beratnya medan.

Hasil etape-5 Dakar Rally 2019:
1. Sam Sunderland, KTM, 4h 11m 48s
2. Xavier de Soultrait, Yamaha, +3m 3s
3. Lorenzo Santolino, Sherco TVS, +4m 0s
4. Adrien van Beveren, Yamaha, +4m 26s
5. Andrew Short, Husqvarna, +4m 36s

Klasemen Dakar Rally 2019 usai etape-5:
1. Ricky Brabec, Honda, 16h51m34s
2. Sam Sunderland, KTM, +59s
3. Pablo Quintanilla, Husqvarna, m52s
4. Toby Price, KTM, +3m21s
5. Matthias Walkner, KTM, +6m17s


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BALAP MOTOR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 19-01-2019