DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kampas Kotor, Salah Satu Penyebeb Rem Motor Tak Pakem

M. Bagus Rachmanto - 06 Mei 2018 10:30 wib
Rutin bersihkan kampas rem cegah rem sepeda motor blong. FixMyHog
Rutin bersihkan kampas rem cegah rem sepeda motor blong. FixMyHog

Jakarta: Kegunaan rem pada semua jenis kendaraan yang bisa melaju di jalan, terutama sepeda motor adalah untuk memperlambat laju putaran roda. Dengan demikian, biker dapat berkendara dengan aman dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Melihat besarnya peran rem pada sepeda motor, maka penting untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap piranti yang satu ini. Jika tidak, rem akan mengalami kerusakan, bahkan yang terparah rem bisa tidak berfungsi sama sekali alias blong.

Keausan pada komponen ini umumnya dikarenakan oleh umur pemakaian. Bisa juga karena cara perlakuan yang salah. Kampas yang kotor adalah satu penyebab yang bikin rem tidak pakem.

Sebab kotoran yang menempel di kampas menjadikannya licin baik di rem tromol maupun cakram. Untuk itu disarankan melakukan pemeriksaan dan membersihkan kampas rem minimal enam bulan sekali.

"Biar lebih aman dan mencegah rem blong akibat kampas kotor, sebaiknya dibersihkan minimal enam bulan sekali. Atau saat rem sudah terasa tidak enak langsung segera diperiksa, tergantung pemakaian," terang Hendra, mekanik bengkel Aren Jaya Motor kepada Medcoml.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Jika memang sudah tipis, sebaiknya segera dilakukan penggantian. Jangan menunggu sampai benar-benar habis, agar cakram motor tidak rusak.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KNOWLEDGE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 21-10-2018