Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.606.841.593 (13 JULI 2018)

Waspada, Jalan Berlubang Mengancam Nyawa!

M. Bagus Rachmanto - 07 Juli 2018 10:43 wib
Jalan rusak bisa mengancam keselamatan pengendara jika tak waspada. Dok. MTVN
Jalan rusak bisa mengancam keselamatan pengendara jika tak waspada. Dok. MTVN

Jakarta: Belum rampungnya pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, membuat sebagian kondisi jalan rusak. Ditambah lagi kondisi lalu lintas Ibu Kota yang sangat padat, serta sejumlah pejalan kaki yang kadang melintas jalan tidak melalui jembatan penyebrangan.

Kondisi ini tentunya sangat riskan mengancam nyawa pengendara yang melintas di sekitar jalan rusak tersebut. Perkara yang paling sering terjadi adalah pengendara melakukan pengereman secara tiba-tiba hingga akhirnya ditabrak dari belakang. 

Atau ketika pengendara harus menghindari lubang jalan secara tiba-tiba, yang akhirnya malah bersenggolan dengan pengendara lain di sebelahnya.

Ini tidak hanya memperhatikan kondisi jalan berlubang atau rusak. Menghindari batu atau puing-puing yang berserakan di jalan juga harus dilakukan. 

Selain itu, perhatikan kendaraan lain yang mungkin juga tidak sadar dengan kondisi jalanan. Jangan terlalu agresif dan terburu-buru saat berkendara. 

"Selalu menggunakan sein untuk memberi tanda. Terutama saat memotong jalur atau berbelok. Jangan hanya terfokus menatap depan. Pastikan Anda melihat ke kanan dan kiri serta sekeliling untuk mengetahui lingkungan dan kondisi jalan. Hal ini untuk menghindari kejadian yang disebabkan oleh pengendara lain atau pejalan kaki," jelas Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAFETY RIDING
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MOTOR
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 16-07-2018