DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 40.273.617.416 (15 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Lampu Rem Mati, Bikin Pengendara Lain 'Keki'

Ekawan Raharja - 05 Januari 2018 10:42 wib
Lampu belakang mobil mati bisa membahayakan pengemudi lainnya. Medcom.id/Ekawan Raharja
Lampu belakang mobil mati bisa membahayakan pengemudi lainnya. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Acap kali kita temui di jalanan mobil-mobil yang lampu belakang atau lampu rem-nya mati. Padahal lampu rem memiliki fungsi yang sangat vital bagi pengendara mobil atau sepeda motor di belakangnya.

Seorang pegawai swasta, Awan, bercerita kepada tim medcom.id sering menemukan mobil dengan lampu belakang mati di jalan tol. Alhasil dia pun sempat beberapa kali hampir terlibat kecelakaan karena mobil di depannya melakukan rem mendadak.

"Di jalan Tol Lingkar Luar Jakarta saya sering menemui mobil dengan lampu rem belakang mati, dan beberapa kali hampir tabrakan. Padahal waktu itu siang dan tetap sulit untuk mengetahui apakah mobil tersebut deselerasi atau jalan normal," ujarnya beberapa waktu lalu kepada Medcom.id.

Semenjak kerap hampir terlibat kecelakaan dengan mobil yang lampu rem belakangnya mati, kini pria yang menggunakan Suzuki Ertiga sehari-harinya itu memasang jarak yang cukup jauh. Bahkan dia sering kali menjauh dari mobil tersebut agar tidak berada di belakangnya.

"Seharusnya kalau menjarak jarak sekitar tiga detik. Cuma semenjak sering hampir nabrak mobil yang rem belakangnya mati, mending saya biarkan dia menjauh atau pindah jalur sekalian," bebernya.

Menurut website Astra world, lampu rem belakang memiliki fungsi yang penting. Lampu ini memberikan informasi kepada kendaraan di belakangnya bahwa mobil sedang melakukan deselerasi atau mengurangi kecepatan. Sehingga mobil dibelakangnya juga menyesuaikan kecepatannya.

Sebaiknya setiap memanaskan mobil sebelum berpergian, pastikan kondisi mobil terlebih dahulu. Periksa apakah lampu-lampu di mobil dapat bekerja dengan baik.

Indikasi kerusakan pada lampu rem biasanya terjadi pada bohlam lampu yang putus, mengidentifikasi lampu putus biasanya hanya terjadi pada salah satu sisi kiri atau kanan saja, kemudian cek warna bohlamnya jika warnanya hitam dan elemen bohlamnya tidak terhubung yang menandakan bohlam putus.

Cara pergantiannya pun mudah, ada yang dengan cara membuka cover mikanya, ada yang dengan cara memutar dudukan bohlam dari balik belakang lampu remnya,ada juga lampu rem yang mati keduanya yang disebabkan adanya sambungan yang kendor atau putus dari jalur kelistrikannya.

Nah lampu rem mobil anda bagaimana? Sudah di cek hari ini?


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAFETY DRIVING
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 16-10-2018