Jangan Abaikan CVT Motor Matic Berdecit

M. Bagus Rachmanto - 10 Januari 2018 11:05 wib
Cek berkala cegah CVT motor matic berdecit. MTVN/A Harry Budiawan
Cek berkala cegah CVT motor matic berdecit. MTVN/A Harry Budiawan

Jakarta: Sebagian pengguna sepeda motor matic mungkin pernah mengalami gangguan dengan terdengarnya bunyi atau suara decitan. Sialnya, suara itu kadang muncul kembali meski sudah dibawa ke bengkel.

"Ada komponen yang disebut dengan mangkuk CVT di motor matic. CVT dilapisi lem/pelumas di bagian ujung luar," ungkap Yosi, mekanik sekaligus pemilik bengkel motor Bengbrand di Bekasi Timur, saat berbincang dengan Medcom.id,di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bahwa lapisan lem yang ada di mangkuk CVT itu berfungsi sebagai pelumas, untuk mencegah bunyi berdecit yang timbul akibat gesekan.

Usia pakai dan jam terbang yang tinggi bisa membuat lapisan lem lebih cepat menipis bahkan habis. Itulah yang diklaim Yosi sebagai penyebab utama timbulnya suara decitan. 

"Banyak konsumen kami yang mengeluh tidak nyaman dengan bunyi decitan yang sangat berisik. Rata-rata dialami oleh motor matic. Untuk mencegah decitan muncul kembali, sebaiknya memeriksa bagian CVT paling lama 3 bulan sekali. Terutama motor matic yang memiliki jam terbang tinggi," pungkasnya.

Menurutnya, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah cukup dengan memberikan atau menambahkan lapisan lem/pelumas yang sudah aus tersebut. Terpenting sebaiknya dilakukan secara berkala.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KNOWLEDGE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-04-2018