Lima Hal yang Harus Diperhatikan Membeli Mobil Secara Kredit Via Bank

M. Bagus Rachmanto - 08 Januari 2018 09:04 wib
Perhatikan kemampuan mencicil kendaran selama tiga sampai empat tahun ke depan agar tidak ditarik bank. Dok. MI
Perhatikan kemampuan mencicil kendaran selama tiga sampai empat tahun ke depan agar tidak ditarik bank. Dok. MI

Jakarta: Mobil pribadi kini sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat urban. Memiliki mobil pribadi membuat perjalanan bersama keluarga terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Kini, memiliki mobil tak sekadar menjadi mimpi semata. Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit yang disediakan bank.

Namun sebelum membeli mobil secara kredit ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Deputy Director Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA Herry M mengatakan, terdapat lima hal yang harus diperhatikan konsumen sebelum memutuskan hendak menggunakan fasilitas kredit suatu bank.

Pertama, suku bunga. Ketika suatu bank memasang iklan bunga, konsumen harus mengetahui isi suku bunga tersebut dan bentuk strukturnya. Dalam hal ini, Herry mengatakan KKB BCA menawarkan suku bunga terbaik dengan bunga 0 persen.

"Perhatikan syarat dan ketentuan khusus seperti DP minimum. KKB mengeluarkan DP tinggi bunga murah, ada komponen DP-nya tinggi," ujar Herry, kepada Medcom.id, di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Hal kedua yang harus menjadi perhatian konsumen ialah provisi yang ditawarkan bank. Provisi merupakan biaya kompensasi akibat adanya pengajuan kredit.

Ketiga, konsumen harus memperhatikan administrasi dari setiap bank. Khusus BCA, menurut Herry, nasabah KKB BCA diberi tambahan diskon biaya administrasi apabila melampirkan NPWP.

Keempat, asuransi. Herry mengatakan KKB BCA berkerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi ternama seperti BCA Insurance, Sinar Mas, dan Pan Pasific. Soal asuransi, BCA mengikuti standar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga konsumen tidak perlu khawatir dengan pembebanan biaya asuransi.

Terakhir, Herry menekankan agar konsumen membandingkan credit protection yang ditawarkan setiap bank. Credit protection memberikan perlindungan kredit bagi nasabah. Apabila nasabah meninggal, kendaraan idaman akan tetap menjadi milik keluarga dan utang dianggap lunas.

Telepas dari hal tersebut, yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah kemampuan mencicil kendaran selama tiga atau empat tahun ke depan, karena usaha yang Anda jalankan saat ini ada pasang surutnya. Jangan sampai di tengah perjalanannya cicilan mobil tersebut justru memberatkan Anda di kemudian hari, sehingga mobil harus ditarik oleh pihak bank.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KNOWLEDGE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 24-01-2018