Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP2.681.945.402 (22 JULI 2018)

Kabin Kotor, Bisa Bikin AC Mobil Tak Dingin

Ekawan Raharja - 09 Januari 2018 14:50 wib
Membersihkan filter AC harus rutin dilakukan. KNFilters
Membersihkan filter AC harus rutin dilakukan. KNFilters

Jakarta: Kebersihan kabin mobil tentu sangat berpengaruh terhadap kenyamanan ketika berkendara. Namun ada fakta lain yang cukup mengejutkan, yaitu kabin mobil yang kotor ternyata dapat membuat pendingin udara atau AC (air conditioning), tidak dingin.

Astra World menjelaskan kalau kabin yang kotor dan dibiarkan dalam waktu lama, dapat mempengaruhi kinerja AC. Debu dan berbagai macam kotoran yang ada di dalam mobil berpotensi menutupi filter AC dan evaporator, yang membuat daya dingin AC berkurang.

Filter AC berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke evaparator AC melalui blower. Sehingga udara yang dihembuskan oleh AC bersih, dan waktu untuk membersihkan evaparator AC juga lebih lama.

Ada beberapa ciri filter AC sudah kotor, antara lain hembusan angin kurang kencang atau menurun. Udara AC kurang dingin dan ada bau yang kurang enak saat AC dihidupkan.

Memang untuk beberapa mobil keluaran lama belum dilengkapi dengan filter AC. Namun untuk mobil-mobil terbaru, semuanya dilengkapi dengan filter AC. Posisinya rata-rata berada di belakang laci dashboard.

Jika kondisi kabin mobil sering kotor sebaiknya sering dibersihkan, minimal setiap 6 bulan sekali. Apabila filter AC sudah sangat kotor dan tidak bisa dibersihkan, segeralah diganti. Rata-rata komponen ini dihargai Rp100 ribu hingga Rp200 ribu.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS MOBIL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018