Konvoi saat Touring, Jangan Lupa Bikin Formasi Aman

M. Bagus Rachmanto - 12 Januari 2018 09:43 wib
Konvoi sepeda motor harus dengan cara yang aman. Yamaha Indonesia
Konvoi sepeda motor harus dengan cara yang aman. Yamaha Indonesia

Jakarta: Turing dan konvoi sepeda motor bagian yang tidak terpisahkan dari agenda rutin dan sering dilakukan para biker. Tapi tahukah Anda, bahwa ada teknik konvoi sepeda motor yang aman dan benar.

Ditemui beberapa waktu lalu, Bripka Umar Suhartono yang bertugas di Ditlantas Pamwal Polda Metro, sekaligus anggota pengawalan RI 1 membeberkan cara konvoi sepeda motor yang aman.
 
Menurutnya, jika ingin melakukan konvoi disarankan membuat formasi zig-zag, hal ini dimaksudkan apabila terjadi pengereman mendadak akan memberikan jarak aman bagi sepeda motor di belakangnya.

Selain itu, panjang konvoi disarankan tidak lebih dari 10 sepeda motor, dan jika ingin konvoi lebih dari 10 motor maka harus dilepas setiap 10-15 menit per rombongan. Teknik seperti ini biasa dilakukan untuk menghindari kemacetan dan menghindari kepadatan lalu lintas, serta mempermudah koordinasi.

Ini juga menjadi cara yang tepat untuk membuat konvoi sepeda motor tidak merugikan orang lain. Mengingat jika ekor konvoi terlalu panjang, bakal membuat penumpukan di sejumlah titik persimpangan. Lalu dari sisi koordinasi juga akan terasa menyulitkan.

Umar menyarankan, dalam berkonvoi hendaknya menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, termasuk memakai sepatu yang tingginya di atas mata kaki, hingga sarung tangan yang menutup hingga pergelangan.

Hal lain yang disarankan Bripka Umar adalah fokus dan tetap memberikan sandi-sandi aman berkendara di jalan raya. Ini berfungsi agar anggota konvoi bisa menghindari jalan rusak atau mengarah di jalur yang benar. 


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAFETY RIDING
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 24-01-2018