DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 47.997.079.228 (24 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Mengapa Oli Mesin Wajib Ganti Sebelum dan Setelah Mudik?

Ainto Harry Budiawan - 07 Juni 2018 10:30 wib
Kepadatan jalan sangat tinggi sebabkan mesin kerja ekstra keras. Dok. Medcom
Kepadatan jalan sangat tinggi sebabkan mesin kerja ekstra keras. Dok. Medcom

Jakarta: Ganti oli jadi salah satu perawatan mobil yang paling dasar, termasuk dalam mempersiapkan tunggangan untuk dipakai mudik. Apalagi mobil akan bekerja ekstra selama perjalanan yang sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia.

Namun tak hanya sebelum berangkat saja, oli mesin juga wajib diganti setelah melakukan perjalanan mudik. Dikatakan Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube Lubricants hal ini dilakukan agar mobil tetap prima untuk digunakan sehari-hari.

"Macet itu bikin mesin bekerja lebih ekstra ketimbang dipakai ngebut. Suhunya panas, tak ada sirkulasi udara karena macet dan pendinginan dari radiator saja. Di situ mesin bekerja maksimal, termasuk oli," katanya.

Kondisi inilah yang jadi alasan usai dipakai mudik, oli tetap harus ganti. "Misal mudik pulang-pergi tak sampai 1.500 km, masih jauh dari rekomendasi pabrikan untuk ganti oli, tapi kondisi itu tetap membuat oli harus ganti," katanya kemarin (6/6/2018) disela buka bersama awak media di Jakarta.

Ivan menambahkan, karena sebaiknya patokan untuk mengganti oli mesin bukan dari kilometer. "Engine hour lebih tepat, sayangnya memang tak banyak mobil yang dilengkapi engine hour. Soalnya saat macet mesin tetap bekerja," tegasnya.

Jika Anda melakukan penggantian oli sebelum mudik sekaligus servis di bengkel resmi, maka usai kembali dari kampung halaman, bisa datangi gerai khusus oli yang banyak tersebar. Pastikan oli yang digunakan punya spesifikasi sesuai rekomendasi pabrikan.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS MOBIL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 24-10-2018