Fitur Sunroof Banyak Keluhan di Amerika

M. Bagus Rachmanto - 13 Oktober 2017 14:47 wib
Sunroof mobil juga perlu mendapat perawatan berkala biar lebih awet. Autoguide
Sunroof mobil juga perlu mendapat perawatan berkala biar lebih awet. Autoguide

Merotvnews.com: Consumer Reports melaporkan bahwa mobil yang menggunakan sunroof banyak dikeluhkan konsumen. Untuk menentukan kendaraan dengan keluhan terbanyak, Consumer Reports mengambil data dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dari 1995 hingga September 2017.

Hasil studi menunjukkan, setidaknya ada 208 model dari 35 jenis mobil berbeda yang mendapat keluhan terbanyak. Dikatakan, Hyundai menempati posisi teratas dengan 119 keluhan. 

Sementara Ford menempati posisi kedua dengan 85 keluhan dan Nissan di posisi ketiga dengan 82 keluhan. Kemudian ada Toyota Scion tC dengan 71 keluhan, Hyundai Veloster 54 keluhan, Kia Sorento 43 keluhan, Nissan Murano 28 keluhan dan Kia Optima dengan 25 keluhan.

Menurut Consumer Report, salah satu masalah terbesar dari mobil yang dilengkapi sunroof adalah ketika terjadi kerusakan. Karena tidak adanya garansi dari dealer atau pabrikan untuk menyelesaikan masalah ini.

Dikatakan, keluhan tentang sunroof meningkat mulai 1995 sampai 2013, hingga puncaknya di 2015, keluhan menurun sejak saat itu. Keluhan tersebut banyak berasal dari pemilik Kia dan Hyundai. 

Untuk melindungi konsumen yang ingin membeli mobil dengan sunroof, Consumer Reports memberikan beberapa tipsnya. Di antaranya meminta dealer untuk mengecek sunroof karena dikhawatirkan rusak. 

Selain itu, Anda harus bertanya tentang garansi kendaraan dan khususnya mencakup fitur sunroof. Terakhir, perhatikan dan lakukan pengetesan, termasuk dengarkan proses buka tutup sunroof. Apabila terdengar suara aneh di area sunroof maka Anda wajib bertanya.

Beruntung, untuk pasar otomotif nasional, belum banyak keluhan. Mengingat populasi mobil yang dijual dengan fitur sunroof masih sedikit dan hingga saat ini tak begitu banyak yang terlihat di jalan. Namun ini tetap patut diwaspadai, mengingat beberapa APM sudah menyertakan fitur ini di beberapa varian produknya.


(UDA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KNOWLEDGE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA TIPS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 11-12-2017