Hoaks Surat Suara Klop dengan Isu Jutaan Pemilih Ganda

- 10 Januari 2019 13:44 wib
Komisioner KPU Viryan Aziz. (Foto: Metro TV)
Komisioner KPU Viryan Aziz. (Foto: Metro TV)

Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menyebut hoaks 70 juta surat suara tercoblos cocok dengan isu jutaan daftar pemilih ganda. Jika dicermati angka 70 juta persis dengan angka yang muncul lebih dulu dalam proses tahapan pemilu; 31 juta dan 25 juta daftar pemilih ganda ditambah 14 juta pemilih yang disebut mengalami gangguan jiwa.

"Itu klop dengan angka 70 juta. Jadi memang angka tersebut sepertinya sudah terencana," ujarnya dalam Prime Talk Metro TV, Rabu, 9 Januari 2019.

Viryan mengatakan kendati digempur dengan isu dan hoaks yang berupaya mendelegitimasi penyelenggaraan pemilu ia memastikan KPU tak gentar dan tetap bekerja profesional. Bagi dia hal semacam ini menjadi catatan penting bagi KPU untuk tetap semangat menyelenggarakan pemilu yang profesional, berintegritas, terbuka, dan akuntabel.

Lebih lanjut dia mengapresiasi kinerja Polri yang dengan cepat mengungkap penyebar dan pembuat hoaks surat suara tercoblos. Ia berharap polisi menindaklanjuti kasus tersebut agar terang apakah pelaku hanya bekerja sendiri atau mendapat dukungan khusus.

"Karena bagi kami ini hal jahat yang justru mendapat tempat di masyarakat. Kami akan lebih responsif agar hoaks tak lagi mendapatkan tempat," kata dia.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SURAT SUARA PEMILU
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS PEMILU
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-01-2019