DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.058.936.361 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

TKN: Istilah Politik Genderuwo untuk Politikus Penyebar Ketakutan

Arga sumantri - 09 November 2018 14:01 wib
Abdul Kadir Karding--Medcom.id/Faisal Abdalla.
Abdul Kadir Karding--Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Presiden Joko Widodo kembali memunculkan istilah bagi para politikus. Setelah ramai istilah politikus sontoloyo, kini Jokowi menyebut ada politik genderuwo.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, istilah politik genderuwo adalah pernyataan simbolik yang ditujukan bagi semua pemimpin, dan politikus. Utamanya, mereka yang kerap mengumbar narasi propaganda, dan menakut-nakuti.

"Jadi rakyat sedemikian rupa dihantui oleh isu-isu palsu, isu-isu hoaks, fitnah, nyinyir, yang tujuannya adalah untuk menakut-nakuti rakyat," kata Karding saat dikonfirmasi, Jumat, 9 November 2018.

Karding mengatakan, pernyataan itu juga sebagai upaya Jokowi mengingatkan agar berpolitik lebih santun. Politikus sejatinya wajib memberikan suasana politik yang tenang, nyaman, dan gembira. "Itu yang disindir Pak Jokowi."

Jokowi kembali menyindir para politikus. Terutama, mereka yang kerap menebar ketakutan dan kekhawatiran di tengah masyarakat.

"Coba kita lihat, politik dengan propaganda menakutkan membuat kekhawatiran, propaganda ketakutan coba," kata Jokowi, saat acara pembagian sertifikat di Tegal, Jawa Tengah, Jumat 9 November 2018.

Baca: Istilah 'Politikus Sontoloyo' Bentuk Kemarahan Jokowi

Selain membuat khawatir, ada juga politikus yang kerap melakukan propaganda ketidakpastian. Cara berpolitik seperti ini diistilahkan Jokowi sebagai politik genderuwo.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, gendruwo adalah hantu yang konon serupa manusia yang tinggi besar dan berbulu tebal. "Masa masyarakatnya sendiri dibuat ketakutan, enggak benar kan? Itu yang sering saya sampaikan politik genderuwo. Nakut-nakuti," ucap Jokowi.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG JOKOWI-MA`RUF
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS PEMILU
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 16-11-2018