Tips Belanja Online Aman saat Harbolnas 2017

Pelangi Karismakristi - 11 Desember 2017 10:00 wib
(Foto:Shutterstock)
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Berbelanja melalui situs jual beli di dunia maya (online) memberikan banyak keuntungan. Di antaranya, toko online buka selama 24 jam setiap hari, dan Anda tak perlu bersusah payah menembus kemacetan atau mencari parkir seperti halnya saat berbelanja langsung ke pusat perbelanjaan.
 
Manfaat lainnya, di situs belanja online, Anda bisa membaca ulasan produk dan mencari perbandingan produk dari beberapa pengecer dengan mudah.
 
Tak hanya itu, Anda juga bisa menjumpai ragam produk yang sangat banyak dan unik. Barang pesanan pun akan diantar langsung ke rumah Anda.
 
Sebelum belanja online, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa hal di bawah ini, mengingat pada akhir tahun akan banyak toko online menawarkan diskon besar-besaran.
 
1. Reputasi
 
Untuk mendapatkan produk berkualitas dan memastikan penjual mengirim produk sesuai spesifikasi, Anda harus mengecek terlebih dahulu reputasi toko online. Sebab, tak bisa dipungkiri banyak penipuan dunia digital yang dibuat seprofesional mungkin agar korban tak curiga.
 
Hasil riset para peneliti dari Google dan University of San Diego tahun lalu, mengamati bagaimana situs phising punya keberhasilan 45 persen untuk mengekstrak data.
 
2. Gunakan kartu kredit dan layanan pembayaran yang aman
 
Membayar belanja online sebaiknya menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit. Kartu kredit memberikan perlindungan tambahan kepada konsumen saat berbelanja online.
 
"Tidak seperti kartu debit, kartu kredit memiliki batas limit uang yang Anda tanggung, dan pengguna akan diberi informasi jika ada transaksi tak dikenal atau dicuri," kata staf Stay Safe Online dari National Cyber Security Initiative.
 
Anda juga dianjurkan menggunakan PayPal, yang diibaratkan seperti perantara, di mana Anda membayar ke pihak PayPal, dan mereka yang meneruskan ke pengecer atau penjual.
 
3. Pilih jaringan selular pribadi
 
Banyak ruang publik, seperti toko, kafe, restoran yang menyediakan layanan WiFi. Namun, untuk berbelanja online, sebaiknya menggunakan jaringan selular pribadi.
 
Ini akan mengurangi risiko ketika misalnya, Anda sedang melakukan pembayaran, namun terganggu jaringan WiFi yang juga diakses sejumlah orang.
 
4. Belanja online dari rumah
 
Di rumah Anda bisa sambil bersantai dan kapan saja memilih barang di situs belanja. Anda juga bisa tahu siapa saja yang mengakses komputer di rumah.
 
Apabila menggunakan komputer umum untuk berbelanja, Anda tak punya kendali atas siapa yang mungkin menggunakan perangkat itu setelah Anda. Anda juga tak bisa mengontrol jenis spyware atau malware yang mungkin menginfeksi komputer yang Anda gunakan.
 
5. Siapkan dana yang cukup
 
Anda perlu membuat perencanaan belanja dan membuat budgeting. Jangan sampai asyik memilih, namun dana tak mencukupi.
 
Berbicara soal belanja online, Anda pasti sudah tak asing akan momentum Hari Belanja Online (Harbolnas). Tahun ini, Harbolnas akan berlangsung pada 11 hingga 15 Desember. Anda bisa memilih aneka barang buruan dengan diskon yang sangat menggiurkan di Bukalapak.
 
Bila tak mau kehilangan barang incaran, sebaiknya Anda memiliki akun Bukalapak, update aplikasinya, dan favoritkan barang yang akan dibeli.
 
Beragam produk tersedia di Bukalapak. Mulai dari smartphone terbaru, laptop spesifikasi kelas dewa, sepeda model terbaru, drone, sneaker, hingga emas batangan, semua ada di Bukalapak.
 
Pada ajang Harbolnas 2017, Bukalapak menyediakan banyak kejutan. Anda akan menemukan promo diskon Harbolnas hingga 80 persen, melakukan nego dengan penjual, gratis ongkos kirim, pembayaran dengan partner bank, dan promo khusus diskon Harbolnas 2017. Jangan lewatkan kejutan seru di promo diskon H­arbolnas 2017 Bukalapak!


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BUKALAPAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018