KPU Sumut Targetkan Partisipasi Pemilih 95 Persen

Antara - 14 November 2017 16:41 wib
ilustrasi Metrotvnews.com
ilustrasi Metrotvnews.com

Medan: Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara 2018 mencapai 95 persen. Target itu merupakan arahan dan persentase yang ditetapkan KPU RI.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Iskandar Zulkarnain mengatakan, untuk mencapai target tersebut, KPU Sumut megharapkan dukungan dari kalangan pers untuk terus menyosialisasikan dan memberitakan berbagai informasi mengenai pemiliham kepala daerah (pilkada) Sumut.

"Meski persentasenya sangat tinggi, tetapi dengan dukungan seluruh pihak, KPU Sumut optimistis dapat mencapai target tersebut," kata Iskandar.

Menurut dia, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam Pilkada Sumut dapat ditingkatkan jika didukung dengan sosialisasi yang maksimal. Sebagai pihak yang menyajikan informasi, kalangan pers diharapkan dapat ikut membangun kesadaran politik masyarakat dalam menentukan kepemimpinan dan pembangunan di Sumut.

Selain membantu sosialisasi, pihaknya mengharapkan kalangan pers tidak mengembangkan berita yang dapat mengurangi minat masyarakat dalam menggunakan hak pilih. Apalagi Sumut juga menyelengarakan pilkada di delapan daerah yakni Kabupaten Langkat, Dairi, Deliserdang, Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, dan Kota Padang Sidimpuan.

Ia menambahkan, KPU Sumut semakin optimistis target itu dapat dicapai jika perbaikan dalam data kependudukan guna meminimalisir pengembalian formulir C-6.

Dalam pilkada yang digelar di Kabupaten Tapanuli Tengah pada awal 2017, pihaknya menemukan ada pengembalian 45 ribu lebih formulir C-6 tersebut. Meski ada masalah sehingga dikembalikannya formulir C-6 tersebut, tetapi pihaknya mencatat partisipasi masyarakat dalam memilih dalam pilkada di Tapanuli Tengah mencapai 60 persen.

Jika sosialisasi dimaksimalkan dan data kependudukan itu dapat diperbaiki sehingga meminimalir masalah dalam pendataan, pihaknya berkeyakinan target yang ditetapkan KPU RI tersebut dapat dicapai.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017