Tes Psikiatri, Paslon Pilgub Sumut Dicecar 500 Pertanyaan

Farida Noris - 12 Januari 2018 17:57 wib
Tiga pasang bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Sumut usai menjalani pemeriksaan di di RSUP H Adam Malik Medan. Medcom.id.Farida
Tiga pasang bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Sumut usai menjalani pemeriksaan di di RSUP H Adam Malik Medan. Medcom.id.Farida

Medan: Pasangan bakal Cagub dan Cawagub Sumut menjalani telah serangkaian tes kesehatan selama dua hari pada 11-12 Januari 2018 di RSUP H Adam Malik Medan. Tes kesehatan sebagai syarat untuk maju pada Pilgub Sumut 2018 ini, berjalan aman dan lancar.

Adapun ketiga bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang menjalani tes kesehatan yakni pasangan Djarot Saiful Hidayat - Sihar Sitorus, Edy Rahmayadi- Musa Rajekshah dan JR Saragih - Ance Selian. Mereka menjalani serangkaian tes sejak pagi tadi.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut 2018, Ramlan Sitompul mengatakan, pada hari pertama, paslon menjalani serangkaian tes psikologi seperti ujian tertulis dan wawancara serta tes kesehatan jantung dan rontgen. Kemudian, di hari kedua tes kesehatan ini, para paslon harus menjawab 500 pertanyaan pemeriksaan psikiatri, wawancara, tes urine BNN dan medis.

"Pemeriksaan dimulai jam 08.00 WIB. Ada 500 pertayaan untuk pemeriksaan psikiatri atau tes kejiwaan yang harus dijawab. Para paslon juga harus menjalani sesi wawancara sekitar 20 menit perorang," urainya.

Sedangkan, untuk medisnya, kata Ramlan, pemeriksaan lebih fokus di kesehatan kepala, dada perut, laboratorium, urin, darah, THT, paru-paru. 

"Tidak ada kendala selama pemeriksaan kesehatan. Hasil dari pemeriksaan akan dikirim secara bersamaan ke KPU Sumut. Pemeriksaan bahkan berjalan lebih cepat dari perkiraan kita," ujarnya.



Bakal calon Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan dan PPP ini mengaku tidak ada kendala yang dialami selama mengikuti rangkaian tes kesehatan. Namun begitu, Djarot meminta doa restu agar semuanya berjalan lancar. 

"Saya ikut tes sudah empat kali. Mulai Walkot dua kali, Gubernur DKI, sama ini. Jadi sudah empat kali," kata Djarot, usai menjalani tes kesehatan, Jumat 12 Januari 2018

Sedangkan, cawagub Sihar Sitorus juga mengaku tidak ada kendala selama menjalani tes kesehatan. "Aman semua, tidak ada kendala," tambah Sihar yang terakhir keluar usai menjalani pemeriksaan. 

Senada, paslon JR Saragih - Ance Selian yang mengatakan tak ada kendala selama proses test kesehatan berjalan.

"Dimulai dari pengambilan darah pemeriksaan mata, telinga, kejiwaan, USG dan wawancara semua sudah kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Kalau kita biasa saja kita jalani sesuai prosedur. Tidak ada masalah karena kesehatan itu kan selalu kita periksa meskipun, tidak jadi calon gubernur," tukas JR Saragih dan diiyakan oleh Ance usai pemeriksan tes kesehatan dihari terakhir. 

Sementara, cagub Edy Rahmayadi mengaku optimis hasil pemeriksaan kesehatannya bagus. Tak hanya itu, pelayanan kesehatan dan dokter yang menangani juga ramah," ujar Edy yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, Golkar, Nasdem dan Hanura.

"Kalau tes kesehatan ya, kita kan sehat. Inikan bukan lulus tak lulus. Kalau ada di dapat penyakitnya akan diobati. Luar biasa pelayanan di rumah sakit ini. Letaknya bagus dan dokternya juga cakep-cakep," ungkap Edy.

Musa Rajekshah atau yang kerap disapa Ijeck mengaku pengalamannya mengikuti tes kesehatan sama seperti general chek up. "Jadi gak ada membebani. Semua aman," urai Ijeck.



(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018