KPU Tegal Targetkan Partisipasi Pemilih 75 Persen

Kuntoro Tayubi - 14 Februari 2018 20:26 wib
Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono (tengah) bersama anggotanya saat memimpin Rapat Pleno Terbuka Pengambilan Nomor Urut di Gedung Korpri Slawi, tegal, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono (tengah) bersama anggotanya saat memimpin Rapat Pleno Terbuka Pengambilan Nomor Urut di Gedung Korpri Slawi, tegal, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Tegal: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal (Pilbup) 2017 naik menjadi 75 persen. Target ini lebih tinggi dibandingkan Pilbup tahun 2013 yang hanya 63 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1,18 juta jiwa.

"Jumlah pemilih dalam Pilbup 2018 ini, diperkirakan mencapai 1,3 juta pemilih. Perkiraan itu berdasarkan daftar pemilih tetap dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 sebanyak 1,19 juta pemilih," kata ketua KPUD Tegal,  Sukartono, Rabu, 14 Februari 2018.

Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU akan menggelar kampanye bersama pada Minggu, 18 Februari 2018. Kampanye damai yang melibatkan seluruh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tegal itu dilakukan dengan iring-iringan mobil dan sepeda motor.

Setiap paslon hanya diperbolehkan membawa 18 mobil dan 50 sepeda motor. Rute kampanye damai diawali dari Alun-alun Hanggawana Slawi menuju Kelurahan Pakembaran Slawi hingga ke Jalan II Singkil Adiwerna.

Konvoi dilanjutkan ke Jalan I menuju Lapangan Eko Proyo Talang dan Tarub berlanjut ke Balamoa Pangkah, Bogares, dan Kagok. Kampanye iring-iringan terus berlanjut ke Batalyon Zeni Tempur, RSUD Dr Soeselo Slawi, Brigif 4/ Dewa Ratna dan kembali ke Alun-alun Hanggawana Slawi.

"Usai kembali ke Alun-alun, kami akan menggelar deklarasi pilkada damai," sambungnya.

Tahapan kampanye akan dimulai pada 15 Februari-23 Juni 2018. Mendasari Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk melakukan sekali kampanye terbuka atau sekali rapat umum. KPU tidak membatasi jumlah rapat tertutup.

"Tempat kampanye baik kampanye terbuka atau tertutup, diatur dalam surat keputusan KPU Kabupaten Tegal," imbuhnya.

 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 23-02-2018