Prasetyo Siapkan Jaksa Intelijen Jaga Pilkada Serentak 2018

Lukman Diah Sari - 12 Januari 2018 17:17 wib
Jaksa Agung M Prasetyo - Medcom.id/:Lukman Diah Sari.
Jaksa Agung M Prasetyo - Medcom.id/:Lukman Diah Sari.

‎Jakarta: Jaksa Agung M Prasetyo mengaku sudah menyiapkan jaksa intelijen untuk Pilkada Serentak 2018. Nantinya jaksa intelijen akan memonitor gelaran pesta demokrasi di 171 daerah. 

"Kita persiapkan jaringan intelijen kita, tentunya ada forum intelijen daerah. Mereka akan bekerja sama di sana," ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Januari 2018. 

Dia ingin semua tahapan pilkada berjalan dengan aman dan tentram. Kini, kata Prasetyo, tahapan pendaftaran sudah dilakukan. 

Setelah itu kejaksaan akan menjaga tahapan kampanye, pemilihan, penghitungan suara, hingga pengesahan hasil pemilihan. "Setiap tahapan harus dijaga. Selama itu tentunya kami penegak hukum sudah berkomitmen untuk menindak atau proses hukum khususnya bagi mereka pasangan calon. Salah satunya nanti akan bermuara di MK kalau ada keberatan," tutur dia. 

Prasetyo memahami calon kepala daerah yang tak puas soal selisih suara bakal menggugat di MK. Tapi, kata dia, mahkamah jangan hanya melihat selisih suara.

Lebih jauh, mahkamah harus melihat proses mendapatkan suara. "Karena kita menginginkan mendapat pemimpin yang betul bersih, moralitas, kompetensi, dan integritasnya. Jadi saya pikir MK menerima gugatan keberatan ketika memang adanya indikasi penyimpangan saat mendapatkan suara," tutur dia. 




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-04-2018