Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.387.516.226 (18 JUNI 2018)

Wabup Jember tak Menenuhi Panggilan Panwaslu

Kusbandono - 14 Maret 2018 19:20 wib
lustrasi Pilkada 2018. Medcom.id/M Rizal
lustrasi Pilkada 2018. Medcom.id/M Rizal

Jember: Rencana Panwaslu Jember untuk meminta klarifikasi Wakil Bupati Jember Muqit Arif hari ini tak membuahkan hasil. Hingga sore Muqit belum memenuhi undangan terkait kehadirannya saat ikut berziarah dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno, Senin, 12 Maret lalu.

Ketidak hadiran Wabup ini disampaikan Komisioner Panwaslu Jember,  Andika Firmasyah. "Sampai saat ini yang bersangkutan belum datang. Undangan kita jam 13.00 WIB." kata Andika saat ditemui Medcom.id di ruang kerjanya, Rabu 14 Maret 2018.

”Tadi pagi sudah konfirmasi karena ada acara dinas di Wuluhan. Tapi hari ini kita tunggu sampai jam 17.00 WIB," tambah Andika.

Baca: Wakil Bupati Jember Dipanggil Panwaslu

Hingga pukul 17.00 WIB Muqiet Arif tidak datang, pihak Panwaslu masih menunggu hingga Kamis, 15 Maret 2018. "Kita akan tunggu maksimal sampai besok. Namun kalau tetap tidak datang maka kita yang akan mendatangi yang bersangkutan,” terang Andika.

Proses klarifikasi ini harus dilakukan cepat karena Panwaslu dikejar tenggat waktu. "Kita juga dibatasi waktu catatan klarifikasi ini harus segera diselesaikan,” jelas Andika.

Panwaslu juga melayangkan surat pemanggilan kepada Tim Pemenangan Paslon nomor urut 2. Tapi tijuga tidak hadir karena berhalangan dan berjanji akan datang besok.

Lukman Winarno salah satu anggota Tim Pemenangan pasangan calon mengatakan, Wabup sudah menghadiri undangan dari Panwaslu. "Wabup tadi sudah hadir namun diwakili oleh Bagian Hukum Pemkab, Bakesbangpol dan satu lagi saya lupa dari mana. Karena Wabup ada acara dinas di Wuluhan kalau tidak salah,” kata Winarno di tempat terpisah kepada Medcom.id.

“Sedangkan terkait Tim Pemenangan memang belum bisa datang karena masih rapat dulu dan besok baru bisa datang ke Bawaslu,” pungkas Winarno.

Dampingi Puti Di Luar Jam Dinas Bupati Lolos Dari Pelanggaran

Berbeda dengan Wakil Bupati, Panwaslu Kabupaten Jember menilai tidak terjadi pelanggaran saat Bupati Jember Faida Selasa malam mendampingi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Sukarno, menemui Gerakan Muda Watu Urip di Alun-Alun Jember.

Ketua Panwaslu Jember Abdullah Waid mengatakan, tidak terjadi pelanggaran oleh bupati karena dilakukan diluar jam dinas. 

"Kegiatan Bupati bersama Cawagub Pasangan Gus Ipul ini tidak masuk kategori pelanggaran, karena dilakukan diluar jam dinas." ujar Waid.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 19-06-2018