DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Plt Wali Kota Bogor Dilaporkan ke Panwaslu

Rizky Dewantara - 13 Juni 2018 18:54 wib
BM PAN Kota Bogor melaporkan Usmar Hariman ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor pada Selasa, 12 Juni 2018, malam. Medcom.id/Rizky Dewantara
BM PAN Kota Bogor melaporkan Usmar Hariman ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor pada Selasa, 12 Juni 2018, malam. Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Usmar Hariman yang saat ini menjabat sebagai pelaksana Tugas (Plt) dilaporkan ke Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) jelang pencoblosan Pilkada 27 Juni 2018. Dia diduga memanfaatkan jabatannya untuk mengarahkan suara ke salah satu calon.

Hal ini bermula dari rekaman suara yang diduga Usmar Hariman dalam pertemuan dengan Lembaga Pemberdayaan Masyrakat (LPM) se-Kota Bogor di sebuah hotel mewah, pada Senin, 11 Juni 2018. Acara yang bertajuk ‘Buka Puasa bersama Asosiasi LPM  dengan Plt Walikota Bogor’ itu dimanfaatkan Usmar untuk berkampanye.

Usmar terdengar mengajak, mengarahkan dan memihak kepada salah satu paslon. Sesekali dirinya juga menjatuhkan pasangan lain.

Dalam rekaman suara berdurasi 14 menit itu, Usmar berbicara seputar menjaga kondusivitas selama Pilkada denga menganut asas Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, rahasia serta Jujur dan Adil) pada menit-menit awal rekaman. Memasuki menit ketujuh, Usmar mulai terdengar berpihak kepada salah satu paslon.  

"Dari empat pilihan pasangan (calon) yang ada, kita tidak mungkin memilih wali kotanya dua. Pasti kita pilih satu. Wali Kota dimana-mana juga satu, wakil juga satu. Enggak ada wali kota tiga," ungkap Usmar dalam rekaman suara itu.

Pernyataan dari Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman membuat Ketua DPD Barisan Muda Partai Amanat Nasional (BM PAN) Kota Bogor Raditya Mahesa bereaksi menanggapi rekaman tersebut. BM PAN Kota Bogor melaporkan Usmar Hariman ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor pada Selasa, 12 Juni 2018, malam.

Rombongan BM PAN serta tim kuasa hukumnya diterima langsung oleh Ketua Panwaslu Kota Bogor Yustinus Eliyas Mau. BM PAN melaporkan tindakan Usmar lantaran diduga melakukan black campaign dan mengarahkan dukungan salah satu paslon dalam pertemuan dengan LPM se-Kota Bogor di Hotel Savero pada Senin, 11 Juni 2018

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Pilkada Panwaslu Kota Bogor Sasongko S Putro menyatakan pihaknya sudah menerima laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Usmar Hariman selaku Plt Walikota Bogor dalam sebuah acara dengan LPM se-Kota Bogor.

"Untuk melaporkan harus melengkapi syarat formal dan materilnya, kami sudah terima laporannya meski masih ada syarat yang harus dilengkapi. Kami minta lengkapi untuk tiga hari ke depan," ungkap Sasongko.

Rekaman suara yang dijadikan barang bukti oleh pihak pelapor akan langsung dipelajari untuk mengetahui unsur pelanggarannya.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018