Djarot Heran GNPF MUI Ingin Rekonsiliasi

LB Ciputri Hutabarat - 18 Mei 2017 11:34 wib
Djarot Saiful Hidayat. Foto: MI/Ramdani
Djarot Saiful Hidayat. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) ingin rekonsiliasi dengan pendukung Ahok-Djarot usai Ahok divonis dua tahun penjara. Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku bingung dan bertanya-tanya.

"Siapa yang ngomong? Rekonsiliasi itu seperti apa? Kita ini kan tidak berbuat apa-apa. Ya dong," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Mei 2017.

Djarot heran karena selama ini dia menganggap tak pernah bermasalah dengan GNPF MUI. Setengah heran, Djarot bilang selama ini selalu menghormati pihak lain walaupun punya pendapat berseberangan.

"Kita tidak pernah melawan, menganggap mereka lawan. Kok aneh. Orang kita enggak macam-macam kok rekonsiliasi," ujar Djarot.

Kendati begitu, Djarot mengingatkan masyarakat harus tetap berhait-hati dalam membuat gerakan atau menyuarakan pendapat. Djarot meminta kelompok masyarakat menghormati dasar negara Pancasila.

Hal ini ia katakan mengingat perlakuan tak baik yang pernah dirinya terima kala mengujungi masjid saat kampanye Pilkada DKI.

"Saya mengalami lho bagaimana ketika saya salat di banyak masjid, padahal kita sesama muslim. Marilah kita kembali ke jiwa Pancasila bahwa negara kita bhinneka tunggal ika," kata Djarot.


Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir. Foto: Metrotvnews.com/Arga

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis dua tahun penjara buat Ahok, 9 Mei 2017. Ahok dinyatakan terbukti menodai agama seperti diatur Pasal 156a KUHP. Ahok kini dipenjara di Rumah Tahanan Mako Brimob, Kepala Dua, Depok, Jawa Barat.

Besoknya, Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir menyerukan warga untuk menerima keputusan hakim. Sikap ini sebagai upaya rekonsiliasi.

"Rekonsiliasi harus dijalankan setelah berbulan-bulan perpecahan terasa di Jakarta. Sekarang tugas kita menghentikan pertikaian, berusaha memaafkan, dan menjalin kembali tali persaudaraan," ujar Bachtiar.




(UWA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 26-07-2017