Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.676.534.291 (20 JULI 2018)

Sejumlah Pelanggaran Administrasi Masih Mewarnai Pilkada 2018

Faisal Abdalla - 28 Juni 2018 15:00 wib
Ilustrasi surat suara/Medcom.id
Ilustrasi surat suara/Medcom.id

Jakarta: Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 dinilai relatif lancar dan aman. Namun, sejumlah pelanggaran administrasi masih terjadi di beberapa daerah.

"Sebetulnya gangguan keamaman hanya di Papua, tetapi yang terjadi di lain tempat ada laporan pelanggaran administrasi," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di kantornya, Kamis, 28 Juni 2018.

Dia menjelaskan ada satu laporan pelanggaran administrasi dan satu laporan tindak pidana pemilu di Jawa Barat. Dua pelanggaran administrasi juga dilaporkan terjadi di Kepulauan Riau.

Dua laporan pelanggaran administrasi juga terjadi di Sulawesi Tengah. Sedangkan di Kalimantan Timur ada satu laporan pelanggaran administrasi.

Di sisi lain, Pilkada Kabupaten Paniai dan Nguda tertunda. Di Kabupaten Paniai, pilkada tertunda lantaran masih ada perbedaan pendapat antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten. Sementara faktor keamanan menjadi penyebab Pilkada di Kabupaten Nduga belum bisa dilakukan.

Setyo mengatakan Polisi telah memprediksi gangguan keamanan di Papua. Ia memastikan pihaknya berupaya mengamankan hingga kondisi mulai membaik dan pilkada bisa dilaksanakan.

"Ini sudah dalam perkiraan kami, Papua menjadi daerah yang perlu diantisipasi dan kami siap untuk mengamankan. Kami tetap siap, kami bersinergi dengan rekan-rekan TNI dengan penyelenggara pemilu kami amankan pilkada ini di Papua," ucap dia.


(OJE)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-07-2018