4 Tokoh dengan Elektabilitas Tertinggi di Pilgub Jatim Versi Vox Populi

M Rodhi Aulia - 12 Oktober 2017 08:30 wib
Ilustrasi--Metrotvnews.com
Ilustrasi--Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Vox Populi Survei (VPS) merilis survei elektabilitas tujuh nama tokoh yang disebut-sebut bakal bertarung di Pilgub Jawa Timur 2018. Survei yang dilakukan pada 1-7 Oktober 2017 terhadap 1.225 responden, terdapat empat nama yang memiliki elektabilitas tertinggi.

Mereka secara berturut-turut adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Matalitti, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

"Keempat tokoh tersebut selalu unggul dari simulasi dengan tokoh-tokoh lainnya yang berpontesi bakal calon gubernur," kata Direktur Eksekutive VPS, Ahmad Fikri dalam keterangan tertulis, Rabu 10 Oktober 2017.

Baca: Khofifah Santai bila Berhadapan dengan Risma di Pilgub Jatim

Ahmad mengungkapkan pihaknya melayangkan pertanyaan siapa yang akan dipilih dari tujuh tokoh jika pemilihan gubernur dilakukan hari ini? Hasilnya La Nyalla sebesar 26,4 persen, Tri Rismahrini (21,3 persen), Khofifah Indar Parawansa (20,1 persen) dan Gus Ipul (14,3 persen).

"Sedangkan tiga tokoh lainnya Abdullah Azwar Anas (3,2 persen), Nurwiyatno (2,1 persen) dan Nurhayati Assegaf (1,8 persen) dan yang tidak menjawab sebanyak (10,8 persen)," beber dia.

Baca: Soekarwo `Bermain Aman` di Pilgub Jatim 2018

Ahmad mengatakan dari survei ini juga, pihaknya menemukan bahwa mayoritas masyarakat Jatim belum mengetahui adanya pelaksanaan Pilgub 2018. Yakni sebanyak 64,3 persen responden yang mengaku belum tahu adanya pesta demokrasi tersebut.

"Dalam survei didapati harapan yang paling tinggi dari masyarakat Jawa Timur sebanyak 37,2 persen berharap gubernur Jawa Timur ke depan bisa menciptakan iklim usaha yang aman. Serta meningkat serta menghasilkan pembukaan lapangan kerja baru," ungkap dia.



Kemudian responden juga berharap fasilitas kesehatan yang murah dan berkualitas sebanyak 20,3 Persen. Selain itu, fasilitas pendidikan 16,2 persen, pembangunan Infrastruktur 13,1 Persen, dan fasilitas air bersih yang murah 13,2 persen.

Survei mengunakan metode multistage random sampling. Diprediksi di Jawa Timur ada 32 juta pemilih. Adapun tingkat kepercayaan survei adalah sebesar 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATIM 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017