Diulang 5 Kali, Ahok Tetap Menang di Markas FPI

Dian Ihsan Siregar - 15 Februari 2017 18:01 wib
Suasana di TPS 17, Petamburan. Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar
Suasana di TPS 17, Petamburan. Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar

Metrotvnews.com, Jakarta: Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menang di TPS 17, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hasil final itu didapat setelah melalui perdebatan selama satu jam dan penghitungan suara diulang lima kali.

Perdebatan dipicu adanya perbedaan jumlah surat suara di catatan saksi dan panitia pemilihan. Data saksi, ada 534 surat suara, sedangkan menurut data panitia ada 533 surat suara. Selisih satu surat suara.

Karena itu, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memutuskan mengitung ulang surat suara. "Kita akan hitung lagi kalau masih ada yang tidak puas dengan hasil yang pertama," kata Ketua KPPS TPS 17 Ali, Rabu 15 Februari 2017.


Perolehan suara tiga pasangan calon di TPS 17 Petamburan. Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar

Hingga penghitungan suara diulang lima kali, pasangan Basuki-Djarot tetap memimpin perolehan dukungan dengan 278 suara. Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno meraih 212 suara dan pasangan Agus Harimurti-Silvyana Murni memperoleh 3‎8 suara.

Lokasi TPS 17 dekat markas Front Pembela Islam (FPI). Daftar pemilih tetap sebanyak 724. Yang menggunakan hak pilih hanya 533. Jumlah surat suara sah 528 dan surat suara tidak sah ada lima.

Ali menyampaikan, kesalahan penghitungan karena warga yang menyaksikan penghitungan suara di TPS 17 sangat ramai. "Jadi, petugas kami salah coret saat pleno," kata Ali, Rabu 15 Februari 2017.

Cek hitung cepat Pilkada DKI dan Pilkada Banten di sini


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017