Relawan Jabar Juara Galang Dana untuk Ridwan Kamil

Roni Kurniawan - 13 November 2017 08:43 wib
Deklarasi sekaligus penggalangan dana Relawan Jabar Juara untuk Ridwan Kamil di Kota Bandung, Minggu 12 November 2017. Foto: MTVN/Roni Kurniawan
Deklarasi sekaligus penggalangan dana Relawan Jabar Juara untuk Ridwan Kamil di Kota Bandung, Minggu 12 November 2017. Foto: MTVN/Roni Kurniawan

Bandung: Sejumlah relawan Jabar Juara akan menggalang dana guna menyokong Ridwan Kamil (Emil) bertarung di Pilgub Jabar 2018 nanti. Para relawan dari berbagai unsur tersebut akan menggalang dana dengan nama 'Udunan Warga' yang akan dimulai pada pekan depan.

Koordinator Relawan Jabar Juara, Hanief Mochamad, menyebut, biaya politik untuk bertarung di Pilgub Jabar tidak murah. Para relawan yakin Emil bakal kesulitan untuk mengumpulkan dana guna untuk bertarung memperebutkan kursi Jabar-1.

"Biaya mahal untuk Ridwan Kamil yang bukan konglomerat, tentu angat susah. Untuk itu akan ada bantuan sebuah sistem penggalangan dana agar transparan secara akuntabel juga bisa dilaporkan ke KPU juga," ujar Hanief usai mendeklarasikan Relawan Jabar Juara di kawasan Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Minggu 12 November 2017.

Berbagai persiapan untuk penggalangan dana telah dijalankan. Salah satunya berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), guna memastikan langkah tersebut tidak menyalahi aturan dan bertentangan dengan kode etik dalam berpolitik.

"Ini pertama kali dilakukan, dan kita juga sudah konsultasi dengan KPK. Kata KPK bukan gratifikasi yang penting keluar dari relawan bukan Kang Emil," lanjutnya.

Ia pun memastikan, gerakan tersebut tanpa adanya campur tangan dari Emil. Hanief mengakui seluruhnya murni inisiatif relawan guna memuluskan langkah Emil.

"Pak Emil tidak akan pernah meng-endorse kegiatan ini," tegas Hanief.

Masyarakat bisa menyisihkan koceknya minimal Rp10 ribu hingga Rp750 ribu. Guna memastikan penggalangan dana tersebut transparan, masyarakat pun bisa turut mengawasi drngan mengakses www.jabarjuara.id.

"Agar pendataannya jelas dan transparan, kami tidak menerima transaksi tunai. Kami hanya menerima melalui kartu debit, kartu kredit, atau setoran tunai melalui bank. Jadi semuanya transparan," bebernya.

Dana tersebut dikatakan Hanief, nantinya akan digunakan untuk melakukan sosialisasi dan memberikan honor kepada saksi di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Pasalnya, dana yang dibutuhkan untuk saksi sekitar Rp6 miliar.

"Itu dengan kalkulasi kita membutuhkan setidaknya 150 ribu orang untuk nenjadi saksi di setiap TPS," pungkasnya.

Sementara itu, terdapat 12 simpul yang tergabung dalam Relawan Jabar Juara untuk turut serta memenangkan Emil. Simpul relawan itu terdiri 27 kabupaten/kota dengan berbagai nama, di antaranya BARKA, BARMIL, Fostarika, Jabarkabakti, Jakamuda, RKJBR SGP Center, TRENDRK, MADRID, SRIKANDI BARKA dan CWC.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PILKADA)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017