Jangan Lupa Bahagia Bersama Keluarga

Tri Kurniawan - 08 Februari 2018 16:33 wib
Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Waktu berkumpul bersama keluarga sangat berharga. Tak heran kalau banyak orang bercita-cita ingin lebih sering menghabiskan waktu dengan keluarga.

Joko Widodo, meski sibuk menjalankan tugas sebagai Presiden RI, ia menyempatkan diri berlibur dengan keluarga. Beberapa waktu lalu, Jokowi mengajak istri dan putra-putrinya ke Taman Margasatwa Ragunan.

Barack Obama, mantan Presiden Amerika Serikat, juga merindukan quality time bersama keluarga. Pertengahan 2017, pria yang sempat tinggal di Indonesia itu mengajak keluarganya liburan ke Bali dan Yogyakarta.

Pentingnya berkumpul bersama keluarga juga dirasakan Anisa Rahma, penyanyi yang tergabung dalam grup Cherrybelle. Anisa memanfaatkan bulan Ramadan untuk quality time bersama keluarga.

Kesibukan bekerja merupakan salah satu alasan yang membuat seseorang tak punya banyak waktu untuk berinteraksi dengan keluarga. Survei British Heart Foundation (BHF) menyebutkan, kebanyakan orang tua terlalu sibuk, di mana sebagian besar ayah pergi bekerja pagi buta dan kembali ke rumah malam hari.

Kondisi demikian membuatnya kehilangan kesempatan melihat tumbuh kembang anak setiap hari.

Hasil survei juga menemukan bahwa 48 persen orang tua merasa bersalah karena tak bisa menghabiskan cukup waktu bersama orang terkasih mereka.

"Jelas terlihat gaya hidup modern dan tekanan sehari-hari membuat kita jarang menghabiskan waktu bersama keluarga," kata Kepala Komunitas Pencarian Dana BHF Donna Spriggs Elliot.

Waktu bersama keluarga sangat penting. Quality time bersama anak setidaknya bisa menjadi bentuk perhatian Anda kepada mereka, memperkuat ikatan, dan mengetahui kegiatan dan perasaan mereka.

Ada banyak kegiatan sederhana untuk quality time Anda bersama si buah hati, seperti dilansir Parents.com.

Meditasi parenting

Anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan meditasi pengasuhan anak, di mana Anda berfokus melihat anak-anak, mendengar mereka, memahami mereka, dan benar-benar merasa takjub dengan kehadiran mereka.

Jalan santai sebelum tidur malam

Anak akan rewel menjelang waktu tidur. Untuk mencegah hal itu antara lain dengan jalan santai keliling sekitar rumah Anda sebelum tidur. Ini akan menjadi momentum spesial bagi anak daripada hanya menonton televisi bersama.

Biarkan anak Anda berjalan santai dalam keadaan benar-benar siap tidur, gigi sudah disikat, wajah dicuci, dan menggunakan pakaian tidur. Pakaikan ia sepatu, lalu ajak keliling lingkungan sekitar rumah. Saat tiba di rumah, anak-anak Anda akan merasakan kesegaran dan bersiap untuk tidur.

Makan malam bertema

Makan malam bersama keluarga di rumah menjadi momen spesial. Tetapi, anak-anak Anda akan lebih bersemangat duduk bersama saat makanan bertema. Hias makanan Anda, bisa menggunakan potongan sayuran, buah, dan telur.

Sesekali libatkan anak saat Anda memasak. Ia bisa mencuci sayuran, menyusun makanan, atau meletakkan makanan di meja makan. Ini akan menjadi energi anak. Di sela kesibukan membantu memasak dan di meja makan, si anak akan lebih terbuka soal kegiatannya di hari itu.

Perbaiki bersama

Sesekali, libatkan anak saat Anda memperbaiki keran yang bocor, mengganti ban, mengecat pagar, atau membersihkan taman. Kegiatan itu salah satu cara yang hebat untuk menghabiskan waktu bersama anak sambil mengajari mereka tentang peralatan rumah tangga dan kehidupan.

Mengantar anak

Mengantar anak ke taman atau ke rumah temannya akan menjadi momentum yang tak ternilai. Jangan selalu menggunakan kenadaraan. Cobalah ke tempat tujuan dengan berjalan kaki sambil memegang erat tangan si anak. Sehingga waktu Anda dengan kesayangan akan lebih lama.

Anda bisa bercerita kepadanya soal apa saja kegiatan beberapa hari terakhir atau apa yang sedang Anda rencanakan. Begitu juga sebaliknya. Anak mungkin akan bercerita kegiatannya di sekolah.

Kalau Anda punya waktu mengantarkan anak les, ini bukan masalah. Anda bisa menunggu di warung kopi atau di tempat nyaman lainnya, kembali lagi ke tempat les saat anak pulang.

Bermain game online bersama

Anda dan si buah hati bisa menghabiskan waktu bersama dengan bermain game online. Jadilah seperti si anak, karena game online yang Anda mainkan bertema anak-anak. Jangan biarkan si anak menang mudah, karena ketika menang, ia akan merasakan sangat senang.

Kalau sudah terlalu lama bermain game online, Anda bisa mengingatkan si anak agar berhenti. Jangan sampai game online malah menyita aktivitas mereka di dunia nyata.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELUARGA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018