4 Hal yang Perlu Dilakukan saat Negosiasi Gaji

Raka Lestari - 05 Februari 2018 15:01 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Suatu hari, Anda mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda inginkan dan tentunya Anda tidak sabar untuk segera menerima tawaran pekerjaan tersebut. Tapi, jangan langsung menerima tawaran tersebut begitu saja. Anda perlu memikirkan permasalahan selanjutnya yaitu pembahasan mengenai gaji dan tunjangan lainnya.

Dan sebaiknya Anda memikirkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi gaji dengan perusahaan yang akan merekrut Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum melakukan negosiasi gaji, dikutip dari Elle.

1. Hitung berapa kebutuhan Anda

Jangan biarkan diri Anda menerima gaji yang terlalu kecil. Anda harus mendapatkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda bisa merugikan diri Anda sendiri jika menutup kemungkinan mendapatkan gaji yang lebih besar. Anda sangat pantas mendapatkan penghargaan yang cukup atas apa yang sudah Anda kerjakan.

2. Mintalah jumlah gaji yang sesuai

Cobalah meminta sedikit lebih dari apa yang mereka tawarkan. Faktanya, 84 persen pengusaha mengatakan bahwa mereka mengharapkan calon karyawan akan meminta lebih banyak uang. Oleh karena itu, sebagian besar pengusaha menahan sebagian jumlah gaji, mengharapkan Anda untuk meminta lebih banyak jumlah gaji. Namun, jangan lupa untuk memintanya dengan baik dan sopan, jangan sampai mengintimidasi mereka.

3. Teruslah bernegosiasi sampai mendapatkan kesepakatan

Sebanyak apapun riset yang Anda lakukan sebelum meminta jumlah gaji kepada perusahaan, faktanya adalah tidak semua perusahaan akan mengabulkannya. Cobalah untuk bersikap fleksibel dan pilih jalan tengah yang terbaik bagi kedua belah pihak. Ada kalanya memang anggaran yang disediakan perusahaan terbatas sehingga tidak bisa menyetujui permintaan Anda.

4. Setelah mendapatkan jumlah gaji yang sesuai

Selamat, Anda bisa mendapatkan jumlah gaji yang sesuai dengan kedua belah pihak. Namun, meskipun memiliki jumlah gaji yang cukup sebaiknya Anda tidak langsung menghabiskan gaji Anda tersebut sampai habis. Sebaliknya, sebaiknya gaji Anda tersebut ditabung untuk keperluan di masa mendatang.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018